UMM Institutional Repository

ANALISIS USAHA PETERNAKAN LEBAH MADU Di UD. "AlIhsan" Desa Wajak Kecamatan Wajak Kabupaten Malang

KURNIAWAN, BELA (2008) ANALISIS USAHA PETERNAKAN LEBAH MADU Di UD. "AlIhsan" Desa Wajak Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-ridwannova-14314-1.+PENDA-N.pdf

Download (998kB) | Preview

Abstract

Madu merupakan produk utama dari lebah madu, lebah madu sangat bermanfaat bagi manusia, terutama sebagai obat. Hal ini tersurat dalam Al-Qur'an 16;69: "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhan-mu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar tanda (kebesaran Allah SWT) bagi orang-orang yang memikirkannya". Al-Ihsan merupakan sebuah usaha dagang dibidang peternakan lebah madu yang yang menghasilkan output berupa madu lebah. Al-Ihsan merupakan usaha dagang yang bersifat independent, artinya bahwa usaha ini merupakan usaha perseorangan tanpa adanya campur tangan orang lain baik itu bersifat kemitraan, investor maupun kreditor. Usaha lebah madu ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan kesejahteraan baik bagi pemilik maupun pekerjanya. Selain itu juga tujuan dari usaha ini adalah sebagai penyedia dan pemenuhan terhadap permintaan pasar yang telah mencapai 110 ton pertahun. Usaha produksi lebah madu ini sudah beroperasi sejak tahun 2001. Kian tahun usahanya kian berkembang dengan pesat, hal ini dibuktikan besarnya kapasitas produksi yang sekarang mencapai lebih dari 5 ton madu per 1 kali proses produksi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana proses produksi madu. 2). Berapa besarnya biaya produksi, penerimaan dan keuntungan dalam usaha peternakan lebah madu. 3). Berapa besarnya nilai efisiensi usaha peternakan lebah madu? Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah: tujuannya. 1). Untuk mengetahui proses produksi madu. 2). Untuk mengetahui besarnya biaya produksi, penerimaan dan keuntungan usaha peternakan lebah madu. 3). Untuk mengetahui efesiensi usaha peternakan lebah madu. Metode penentuan sampel scara purposive atau sengaja yaitu di UD. Al-Ihsan yang terletak di kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Alasan peneliti mengambil UD. Al-ihsan sebagai sampel penelitian karena UD. Al-Ihsan merupakan peternak lebah terbesar di Kecamatan wajak kabupaten malang Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series yaitu suatu data yang diambil melalui pertimbangan waktu yang bersifat berkala dalam jangka waktu tahun, semester dan lain-lain. Karena UD. Al-Ihsan telah lama berdiri, maka peneliti mengambil data pada UD. Al-Ihsan ini berjalan 1 tahun, yaitu dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2008. Dari hasil pembahasan penerimaan yang diperoleh dari ternak lebah madu UD. AL-IHSAN sebesar Rp. 202.194.000. Penerimaan ini dihasilkan dari total penerimaan dari ke-6 jenis madu yang ada di UD. AL-IHSAN dengan berbagai jenis kemasan pula. Sedangkan total biaya yang dikeluarkan oleh UD. AL-IHSAN sebesar Rp. 142.029.343,-. Jadi jumlah pendapatan dari usaha ternak lebah madu UD. AL-IHSAN sebesar Rp. 60.164.657,-. Dengan demikian R/C Ratio yang dimiliki oleh UD. AL-IHSAN adalah sebesar 1,42.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:26
Last Modified: 23 Jun 2016 07:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo