UMM Institutional Repository

PENGARUH KENAIKAN HARGA KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PRODUSEN KERIPIK TEMPE (Studi Kasus di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu)

Suparto, Windy Darmawan (2008) PENGARUH KENAIKAN HARGA KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PRODUSEN KERIPIK TEMPE (Studi Kasus di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-windydarma-14331-01+PENDA-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komoditi tanaman kedelai sangat berjasa dalam menyediakan sumber energi, mineral, dan vitamin. Disamping peranannya sebagai sumber protein yang murah, kedelai mampu memberikan alternatif yang realistis sebagaim pengganti daging, keju, dan susu. Produk olahan kedelai dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu makanan nonfermentasi dari industri tradisional adalah tahu dan kembang tahu, sedangkan yang terfermentasi didalam negeri adalah tempe dan kecap. Tempe adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan menggunakan kapang rhizopus (ragi tempe). Tempe kaya akan serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang tempe telah mendunia. Terutama kaum vegetarian di seluruh dunia bamyak yang telah menemukan tempe sebagai pengganti daging. Sesuai dengan perumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur biaya pada industri kecil keripik tempe dan menganalisis pengaruh kenaikan harga kedelai terhadap pendapatan produsen keripik tempe. Penentuan tempat daerah penelitian tersebut ditentukan secara acak (random). Sedangkan pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer ada 2 macam, yaitu: wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis biaya, analisis titik impas pulang modal (BEP) dan analisis uji beda t. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa BEP volume produksi Rp. 20.078, BEP harga produksi Rp. 30.698, tingkat pendapatan Rp. 20.055 dan R/C Racio Rp. 24.445. Jadi terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah kenaikan harga kedelai. Hal ini terbukti bahwa nilai t lebih besar dari t tabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:23
Last Modified: 23 Jun 2016 07:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32335

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo