UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN BUDIDAYA "AIR LIUR" SARANG BURUNG WALET ANTARA TEKNIK MODERN DAN TEKNIK KONVENSIONAL (Studi Pada Sarang Burung Burung Walet di Daerah Sidayu Kabupaten Gresik)

Surya, Ahmad Fatoni (2008) PERBANDINGAN BUDIDAYA "AIR LIUR" SARANG BURUNG WALET ANTARA TEKNIK MODERN DAN TEKNIK KONVENSIONAL (Studi Pada Sarang Burung Burung Walet di Daerah Sidayu Kabupaten Gresik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-ahmadfaton-13151-01+-+Pen-n.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Burung walet merupakan burung liar yang harus dijaga kelestariannya agar dapat berkembang biak. Karena burung walet itu adalah burung yang sensitif/peka dan tidak bisa ditangkap bahkan dipaksa untuk dirumahkan pun tidak mau. Pelestarian burung walet memerlukan sebuah pengelolaan Yang serius, teratur dan terukur, karena budidaya sarang Burung walet merupakan salah satu usaha untuk pembangunan Di bidang ekonomi. Burung walet merupakan burung pemakan serangga yang sarangnya terbuat dari liur yang lezat cita rasanya dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Karena air liur dari burung walet ini merupakan komoditas ekspor. Pada umumnya para petani sarang burung walet konvensional melakukan budidaya sarang burung walet dengan tidak sengaja. Karena banyaknya burung walet yang mengitari bangunan rumah dimanfaatkan oleh para pengelolah sarang burung konvensional tersebut. Dalam perencanaan strategi yang paling penting adalah tahap analisis lingkungan sarang burung yang mempengaruhi walet, baik itu lingkungan intern maupun lingkungan ekstern sarang burung. Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui strategi yang mencakup upaya dan hambatan dalam budidaya "air liur" sarang burung walet dengan analisa logika deduktif . 2. Untuk mengetahui budidaya "air liur" sarang burung walet yang tidak menggunakan strategi dengan analisa logika deduktif . 3. Untuk mengetahui perbandingan budidaya "air liur" sarang burung walet yang menggunakan strategi dengan yang tidak menggunakan dengan analisa triangulasi atau tabulasi. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja), yaitu di Desa Mriyunan dan Desa Kauman Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Teknik pengambilan sample adalah 2 desa yang masing-masing desa diambil 5 responden di daerah Sidayu Gresik. Data yang dikumpulkan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara, teknik Obsevasi Partisipatif. Sedangkan data sekunder, yaitu data penunjang yang diperoleh dari dokumen/buku. Metode Analisa data dalam penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif yang berarti menguraikan dan menggambarkan secara menyeluruh dan cermat mengenai strategi dan yang tidak menggunakan strategi yang mencakup upaya dan hambatan sejak dari pengolahan serta perawatan Pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti mencari data tanpa harus menunggu sampai data terkumpul, kemudian data yang telah diperoleh direduksi sehingga tersusun secara sistematis, akan lebih nampak pokok-pokok terpenting yang menjadi fokus penelitian, guna memberikan gambaran secara tajam terhadap masalah yang diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:56
Last Modified: 23 Jun 2016 06:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32331

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo