UMM Institutional Repository

ANALSIS USAHATANI CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L. Var. Longum sendt) DI DESA BANYUDONO KEC. DUKUN KAB. MAGELANG

MALIK, RESHA SITI SHAFIAH (2008) ANALSIS USAHATANI CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L. Var. Longum sendt) DI DESA BANYUDONO KEC. DUKUN KAB. MAGELANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-reshasitis-13244-Pendahul-n.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tanaman cabai berasal dari daratan Amerika Tengah hingga Amerika Selatan dan Peru. Cabai dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu Cabai besar (Capsicum annum L.) dan Cabai kecil atau rawit (Capsicum frutescens L.).Tanaman cabai merah keriting termasuk salah satu komoditi hortikultura yang cukup penting dan banyak dibutuhkan masyarakat mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Keunggulan cabai merah keriting dibanding dengan varietas cabai yang lain salah satunya adalah tanaman ini lebih tahan terhadap serangan penyakit keriting daun. Tujuan penelitian adalah : (1) Bagaimana biaya dan pendapatan usahatani cabai merah keriting di Desa Banyudono Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (2) Bagaimana efisiensi usahatani cabai merah keriting di Desa Banyudono Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Penentuan daerah dilakukan di Desa Banyudono Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah Penentuan yang ditentukan secara sengaja (purposive). Penentuan sampel dipilih secara acak sederhana (Simple Random Sampling) dari jumlah petani sebanyak 148 orang, diambil 25% sebagai sample dengan jumlah 37 orang petani contoh. Metode pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode observasi yaitu dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala fenomena yang diselidiki. Metode Interview yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara langsung atau tanya jawab dengan responden. Metode Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder yang mendukung serta melengkapi data primer dalam penelitian dengan mencatat data tentang keadaan penduduk, sarana dan prasarana yang dimiliki di daerah penelitian. Data yang diambil merupakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh langsung dari petani dan data sekunder berasal dari kantor desa serta kepustakaan yang tercantum pada daftar pustaka. Analisis yang dipergunakan adalah (1) Analisis Biaya Produksi, (2) Analisis Penerimaan Usahatani, (3) Analisis Pendapatan Usahatani dan (4) Analisis Efisiensi Usahatani Dari hasil analisis usahatani cabai merah keriting disimpulkan rata-rata biaya produksi sebesar Rp 26.475.061,00 per hektar. Rata-rata penerimaan total usahatani cabai merah keriting adalah sebesar Rp 39.956.396,00 per hektar dan rata-rata pendapatan sebesar Rp 12.921.336,00 per hektar. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai R/C sebesar 1,50. Hal ini menunjukkan bahwa usahatani di daerah penelitian ini memberikan keuntungan karena nilai R/C ratio lebih dari satu (>1).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:38
Last Modified: 23 Jun 2016 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32327

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo