UMM Institutional Repository

ANALISIS USAHATANI BENIH JAGUNG KOMPOSIT (Zea mays L.) KELAS Foundation Seed (FS) ( Studi Kasus di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember )

WICAKSONO, HERRU AGUNG (2008) ANALISIS USAHATANI BENIH JAGUNG KOMPOSIT (Zea mays L.) KELAS Foundation Seed (FS) ( Studi Kasus di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-herruagung-13335-PENDAHUL-N.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan bahan makanan pokok utama di Indonesia, yang memiliki kedudukan sangat penting setelah beras. Jagung adalah tanaman serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk pangan, pakan, maupun industri. Jagung mempunyai peranan yang semakin strategis dari pertimbangan : (a) agribisnis, karena banyak terkait dengan kegiatan industri (pakan, pangan, dan lainnya) dan adanya peluang ekspor yang besar, (b) penyediaan dan peningkatan ketahanan pangan nasional, sebab biji jagung mempunyai nilai nutrisi (karbohidrat, protein, lemak, mineral) sebanding dengan beras, potensi hasil yang lebih tinggi, dan lebih sedikit membutuhkan air jika dibandingkan dengan padi, serta (c) kesempatan menyerap tenaga kerja, sebab ketersediaan lahan yang masih cukup luas untuk pengembangan jagung, dan komoditas ini relatif mudah budidayanya. Benih berkualitas merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam usaha budidaya tanaman. Oleh karena itu benih yang berkualitas merupakan keharusan untuk mencapai hasil yang optimum dalam budidaya tanaman. Untuk itu ketersediaan benih yang berkualitas, khususnya jagung di tingkat lapangan menjadi begitu penting dalam upaya meningkatkan produktivitas jagung di tingkat petani. Tujuan Penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan usaha tani dalam memperoleh benih berkualitas dan bermutu, (2)Untuk mengetahui efisiennya usaha benih dasar (Foundation Seed) pada tanaman Jagung, berdasarkan kriteria pengujian, (3) Untuk mengetahui kendala-kendala apa yang dihadapi dalam usaha tani memperoleh benih berkualitas dan bermutu. Penentuan daerah dilakukan di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Jawa Timur yang ditentukan secara sengaja (purposive). Penentuan sampel dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) dari jumlah petani sebanyak 40 orang, diambil 50% sebagai sampel dengan jumlah 20 orang petani contoh. Data yang di ambil merupakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh langsung dari petani. Data sekunder berasal dari kantor desa serta kepustakaan yang tercantum pada daftar pustaka. Analisis yang dipergunakan adalah (1) Analisis Biaya Produksi, (2) Analisis Penerimaan Usahatani, (3) Analisis Pendapatan Usahatani, dan (4) Analisis Return Cost Ratio. Dari hasil analisis usahatani jagung komposit disimpulkan rata-rata total biaya produksi Rp. 6.537.700,00 per hektar. Rata-rata penerimaan usahatani jagung komposit adalah Rp. 11.391.650,00 per hektar. Rata-rata pendapatan petani jagung komposit sebesar Rp. 4.853.950,00 (dibulatkan) per hektar. Dilihat dari R/C Ratio dapat disimpulkan bahwa usahatani jagung komposit dapat dikatakan efisien atau menguntungkan karena masing-masing memiliki nilai R/C Ratio > 1, yaitu 1,75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:32
Last Modified: 23 Jun 2016 06:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32326

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo