UMM Institutional Repository

ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KEUNTUNGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERIPIK KENTANG (Studi Kasus Di Agronas/Gizifood Kota Batu)

DEWI, IKA PUSPITA (2008) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KEUNTUNGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERIPIK KENTANG (Studi Kasus Di Agronas/Gizifood Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-ikapuspita-13497-1+Pendah-n.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Produksi pengolahan kripik kentang di Batu berkembang dan sudah diusahakan dari tahun ketahun. Pusat keripik kentang Agronas/Gizifood merupakan salah satu home industri yang mengusahakan produksi keripik kentang di daerah Batu yang belum diteliti mengenai nilai tambah dan keuntungan usahanya. Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah yaitu (1) Berapa besarnya nilai tambah yang diterima produsen kripik kentang, (2) Berapa besarnya tingkat keuntungan yang diterima produsen kripik kentang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui nilai tambah yang diterima produsen kripik kentang. (2) Untuk mengetahui tingkat keuntungan yang diterima produsen kripik kentang. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja atau purposive berdasarkan pertimbangan bahwa di Pusat Keripik Kentang Agronas/Gizi food merupakan salah satu industri rumah tangga keripik kentang dengan kapasitas produksi yang cukup besar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu: 1.Analisis Nilai Tambah yang diperoleh dari penggunaan biaya bahan baku ditambah input lainnya terhadap nilai produk yang dihasilkan 2.Analisis Biaya untuk menghitung biaya total produksi dapat dihitung dengan rumus : TC = TVC + TFC 3.Analisis Penerimaan untuk menghitung besarnya penerimaan yang diterima oleh pengusaha, rumus yang digunakan adalah :TR = P. Q 4.Analisis Keuntungan dihitung melalui pengurangan antara penerimaan dengan total biaya untuk satu kali proses produksi dihitung dengan menggunakan rumus: П = TR - TC 5.Analisis Efisiensi Return Cost Ratio ( R / C Ratio )dihitung melalui perbandingan antara total penerimaan dan total biaya produksi dengan rumus : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1.Nilai tambah yang di hasilkan dari pengolahan kentang mentah menjadi keripik kentang ini yaitu Rp 7.083,69,-. dengan ratio nilai tambah sebesar 50,03%. 2.Keuntungan yang diperoleh pengusaha Agroindustri keripik kentang Agronas/gizifood rata-rata sebesar Rp 2.405.560,- dalam satu kali proses produksi. yang diperoleh dari penerimaan rata-rata sebesar Rp 4.194.933,- (diperoleh dari hasil produksi keripik kentang rata-rata per sekali proses produksi sebesar 39,8 bungkus dengan harga Rp.105.000/bungkus) dikurangi biaya pengolahan rata-rata persatu kali proses produksi. 3.Dalam pengolahan agroindustri keripik kentang Agronas/gizifood mempunyai nilai koefisien tenaga kerja sebesar 0,02.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:10
Last Modified: 23 Jun 2016 06:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo