UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLAN OBAT FLU DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KLOJEN MALANG

AL-ATAS, HANNA MUSTAFA (2011) PENGARUH IKLAN OBAT FLU DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KLOJEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hannamusta-23592-PENDAHUL-N.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hannamusta-23592-BAB+1.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi yang mengisyaratkan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu media. Salah satu media yang digunakan sebagai alat komunikasi adalah televisi, karena memberikan dampak yang besar dalam mempengaruhi masyarakat. Salah satu program televisi yang menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan fisik adalah iklan. Iklan yang dimaksud adalah iklan obat flu, karena banyak dijumpai pada masyarakat. Hal ini kecenderungan membuat masyarakat untuk melakukan pengobatan sendiri (swamedikasi) sebagai penyelesaian dari masalah kesehatan yang mereka kenali sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel 100 responden. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas yaitu menggunakan validitas muka sedangkan uji reliabilitas menggunakan KR-20. dan alat analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, uji t, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian pada analisa korelasi yaitu r hitung = 0,233 > r tabel = 0,195 maka terdapat hubungan antara iklan obat flu ditelevisi dengan pemilihan obat secara swamedikasi. Berdasarkan uji t diperolah t hitung = 2,376 > t tabel = 1,980 maka iklan obat flu ditelevisi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan obat secara swamedikasi dengan persamaan regresi Y = 2,628 + 0,313X maka bila indikator iklan obat flu di televisi bertambah 1, maka pemilihan produk obat flu secara swamedikasi akan meningkat 0,313 dan besarnya pengaruh iklan obat flu ditelevisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi adalah sebesar 5,4% dan sisanya 94,6% pemilihan obat secara swamedikasi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:28
Last Modified: 22 Jun 2016 07:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32320

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo