UMM Institutional Repository

KEPUASAN KLIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi pada APOTEK X di Wilayah Kec. Singosari Kab. Malang)

Swatiningsih, Nining (2011) KEPUASAN KLIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi pada APOTEK X di Wilayah Kec. Singosari Kab. Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-niningswat-23593-PENDAHUL-N.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-niningswat-23593-BAB+1.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Untuk dapat menilai pelayanan di apotek, maka tolok ukur yang di gunakan adalah kepuasan klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan klien yang melakukan swamedikasi pada apotek "X" di wilayah Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan menggunakan lima variabel kepuasan. Variabel tersebut yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible. Penelitian ini dilakukan dengan survey cross sectional dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian dan metode wawancara untuk menjelaskan tentang soal yang tertera pada kuisioner. Penelitian ini menggunakan apotek X karena sesuai dengan kriteria inklusi dari sampel penelitian apotek dan menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian klien. Analisa data menggunakan analisa importance performance matriks dengan membandingkan persepsi klien terhadap tingkat kinerja dan tingkat kepentingan. Hasil penelitian ini terbagi menjadi empat kuadran. Kuadran pertama kepentingan tinggi tetapi kinerja dari apotek masih rendah, meliputi pemberian informasi tentang efek samping akibat penggunaan obat dan tersedianya tempat konsultasi bagi klien. Kuadran kedua, kepentingan dan kinerja mempunyai nilai yang sama tinggi, meliputi pemberian informasi tentang nama,kegunaan dan aturan pakai obat; petugas apotek menanggapi/menjawab pertanyaan klien dengan baik, memberikan kesempatan bertanya apabila ada hal yang kurang dipahami oleh klien, melayani klien dengan sopan dan ramah, memberi informasi yang dapat dipercaya dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Kuadran ketiga, kepentingan dan kinerja sama-sama mempunyai nilai yang rendah, meliputi informasi tentang kekuatan, cara kerja dan cara penyimpanan obat, life style ataupun aktivitas yang harus dikurangi selama minum obat, obat lain dan yang harus dihindari selama minum obat, kapan obat harus segera dibuang dan adanya saran dari petugas apotek untuk berkonsultasi ke dokter. Kuadran keempat, tingkat kinerja tinggi tetapi tingkat kepentingan rendah, meliputi petugas apotek memberikan informasi sebelum klien bertanya, mengkonfirmasi kembali tentang kejelasan informasi yang diberikan dan petugas apotek berpenampilan rapi. Kesimpulan dari hasil perhitungan NIK dan NIP, variabel-variabel kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangible) seluruhnya tidak puas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:08
Last Modified: 22 Jun 2016 07:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32318

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo