UMM Institutional Repository

ANALISA PENDAPATAN DAN EFISIENSI AGROINDUSTRI VIRGIN COCONUT OIL (VCO) PADA HOME INDUSTRI "IRFANI"

WIJAYA, YUNARKO GANDHA (2009) ANALISA PENDAPATAN DAN EFISIENSI AGROINDUSTRI VIRGIN COCONUT OIL (VCO) PADA HOME INDUSTRI "IRFANI". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2009-yunarkogan-16829-Pendahul-n.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2009-yunarkogan-16829-BAB+I.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Tanaman kelapa mempunyai manfaat yang sangat besar dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kelapa adalah salah satu penghasil bahan makanan yang sangat penting dalam kehidupan rakyat Indonesia. Disamping itu tanaman kelapa juga memiliki nilai tambah lainnya, sebagai komoditi ekspor yang banyak peminatnya di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat. Salah satu manfaat kelapa untuk ramuan obat-obatan adalah VCO (virgin coconut oil) yang merupakan minyak kelapa yang dibuat tanpa pemanasan dan bahan kimia. Minyak kelapa yang kini lazim disebut virgin coconut oil (VCO) dan bahan bakunya banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki peran yang amat berbeda terhadap kesehatan dibandingkan dengan lemak jenuh asal hewan atau nabati lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Berapa biaya dan penerimaan industri rumah tangga VCO (2) Berapa besarnya efisiensi industri rumah tangga VCO. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui besarnya biaya dan penerimaan industri rumah tangga VCO (2) untuk mengetahui efisiensi industri rumah tangga VCO. Jenis data yang digunakan adalah (1) Data Primer dan (2) Data Sekunder. Metode pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah: (1) Wawancara langsung dengan pihak perusahaan (2) Observasi / pengamatan langsung yaitu pada pengadaan bahan baku dan proses produksi (3) Pencatatan. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui keuntungan dan pendapatan dari usaha agroindustri virgin coconut oil digunakan rumus Analisa Pendapatan sebagai berikut : a. Menghitung biaya total (TC) yang digunakan dalam satu kali proses produksi b. Menghitung penerimaan total industri VCO dalam satu kali proses produksi c. Menghitung pendapatan dari usaha industri VCO dalam 1 kali proses produksi d. Mengetahui tingkat efisiensi pengusaha dan VCO Berdasarkan hasil penelitian pada agroindustri Virgin Coconut Oil "Irfani VCO" dapat diketahui bahwa usaha Agroindustri Virgin Coconut Oil "Irfani VCO" memberikan tingkat keuntungan bagi pemilik usaha sebagai berikut: 1. Besarnya penerimaan agroindustri Virgin Coconut Oil "Irfani VCO" adalah Rp. 4.368.000 untuk satu periode produksi. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk 1 periode produksi sebesar Rp. 2.701.654 sehingga memberikan keuntungan kepada pengusaha agroindustri Virgin Coconut Oil "Irfani VCO" dalam satu periode sebesar Rp. 1.666.346 2. Dari hasil perhitungan R/C ratio usaha Agroindustri Virgin Coconut Oil "Irfani VCO" menguntungkan karena besarnya nilai R/C ratio > 1. Dari analisis diatas tingkat R/C Ratio sebesar 1,62 artinya setiap penambahan biaya 1 kali akan memperoleh penerimaan sebesar 1,62. Dalam artian setiap pengeluaran biaya 1 kali akan menghasilkan penerimaan sebesar 1,62 kali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:04
Last Modified: 22 Jun 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32315

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo