UMM Institutional Repository

PERAN KOMITE SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE SCHOOL DI SMA NEGERI SE-KOTA BATU

Subekti, Sri (2012) PERAN KOMITE SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE SCHOOL DI SMA NEGERI SE-KOTA BATU. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srisubekti-28456-1-pendahul-n.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srisubekti-28456-2-babi.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Sejak upaya reformasi pendidikan, dunia pendidikan Indonesia menyadari rendahnya mutu pendidikannya. Sebagai upaya bangkit dari keterpurukan, pendidikan Indonesia melakukan berbagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberdayakan peran masyarakat dalam manajemen pengelolaan satuan pendidikan. Wadah bagi masyarakat dalam lembaga satuan pendidikan menurut Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 56 adalah komite sekolah. Komite sekolah adalah wakil masyarakat dalam lembaga satuan pendidikan. Komite sekolah terlibat dalam memberikan pertimbangan, dukungan, pengawasan dan penghubung masyarakat pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai advisory agency, supporting agency, kontrolling agency dan mediatory agency untuk mewujudkan good governance school di SMA Negeri se-Kota Batu. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Teknik pencarian data menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai trianggulasi data. Wawancara dilakukan pada informan pengurus komite sekolah, kepala sekolah dan guru di SMAN 1 Batu dan SMAN 2 Batu. Data dianalisis dengan content analisis untuk mencari makna dari dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ditemukan bahwa a. Komite sekolah adalah bagian dari kolaborasi pengelolaan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi satuan pendidikan,b.Keempat peran komite sekolah merupaka n satu kesatuan yang saling terkait, c. pola komunikasi komite sekolah dengan komponen sekolah bersifat partisipatif dan kemitraan d. dibutuhkan tipe kepemimpinan yang demokratis dan kolaboratif untuk bisa menerima keterlibatan komite sekolah secara menyeluruh dalam manajemen sekolah untuk mewujudkan good governance school. Setelah dilakukan analisis data, didapatkan empat kesimpulan penelitian yaitu: 1) Peran komite sekolah sebagai advisory agency dimulai dari penyusunan program sekolah hingga pelaksanaan pengelolaan satuan pendidikan, 2) Peran komite sekolah sebagai supporting agency berupa support moril, pemikiran, tenaga dan finansial, 3) peran komite sekolah sebagai controlling agency dimulai pada saat penyusunan program sekolah hingga evaluasi program, sehingga memungkinkan terbentuknya transparansi dan akuntabilitas, 4) peran komite sekolah sebagai mediator dilakukan untuk memberikan sumbangan pemecahan masalah secara vertikal dan horisontal.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:50
Last Modified: 22 Jun 2016 02:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32313

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo