UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) DI SMP NEGERI 1 SIDOREJO KABUPATEN MAGETAN

Iswahyudi, (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) DI SMP NEGERI 1 SIDOREJO KABUPATEN MAGETAN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-iswahyudi0-33252-1-pendahul-n.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-iswahyudi0-33252-2-babi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Sekolah Standar Nasional adalah kategori sekolah formal mandiri atau disebut dengan sekolah standar nasional (SSN). Sekolah kategori ini adalah sekolah yang sudah atau hampir memenuhi SNP, meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pendidikan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan. Sekolah standar nasional di samping harus memenuhi standar nasional pendidikan seperti diamanatkan dalam PP 19 tahun 2005, juga harus memiliki standarisasi dari kedelapan aspek tersebut secara nasional.Berangkat dari pemikiran tersebut, penelitian bertujuan untuk menjelaskan implementasi kebijakan Sekolah Standar Nasional dalam standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Magetan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang menggunakan strategi penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2011. Tempat dilakukannya penelitian di SMP Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Magetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan Sekolah Standar Nasional (SSN) dalam Standar Isi sudah sesuai dengan Sekolah Standar Nasional (SSN) hal ini terlihat dengan adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terbentuknya struktur kurikulum, beban belajar, dan kalender pendidikan. 2) penerapan Sekolah Standar Nasional (SSN) dalam Standar Proses sesuai dengan Sekolah Standar Nasional (SSN) terlihat dalam kesiapan pembelajaran telah memiliki silabus, RPP, berbagai sumber belajar.Penerapan pembelajaran PAIKEM dan berbasis IT dilakukan diluar kelas menyesuaikan kondisi, 3) penerapan Sekolah Standar Nasional (SSN) dalam Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan kurang sesuai dengan Sekolah Standar Nasional (SSN) terbukti dalam kualifikasi akademik dijumpai ada tenaga pendidik masih ada yang belum sarjana, untuk kompetensi yang memiliki sertifikat profesi baru 20 guru dari 47 guru yang ada. 4) penerapan Sekolah Standar Nasional (SSN) dalam Standar Sarana dan Prasarana cukup sesuai dengan Sekolah Standar Nasional (SSN) terlihat adanya papan waitbot, taman sekolah, ruang laboratorium, ruang multimedi, sarana olah raga, fasilitas IT, penambahan daya listrik, media pembelajaran note book dan LCD.Sehingga hal tersebut perlu adanya perhatian dengan seksama dari instansi terkait dan pihak yang berkepentingan baik intern maupun ekstern , khususnya di SMP Negeri 1 Sidorejo agar proses pengembangan sarana dan prasarana berjalan dengan lancar dan lebih maksimal sesuai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:12
Last Modified: 22 Jun 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32304

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo