UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA MALANG

Trisnawati, Yunita (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--yunitatris-28279-1-pendahul-n.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--yunitatris-28279-2-babi.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dr. Yuni Pantiwati, MM, M.Pd, (2) Dra. Nurul Zuriah, M.Si. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) berpotensi untuk meningkatkan partispasi masyarakat, kepala sekolah, guru, serta administrator yang professional. Berdasar kebijakan pemerintah tentang upaya memperbaiki kualitas pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Krisis pendidikan yang dihadapi Indonesia dewasa ini berkisar pada krisis manajemen. Manajemen pendidikan dirumuskan secara sederhana sebagai mobilisasi segala sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan, Karena itu dengan diterapkannya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini menjadi harapan banyak pihak agar krisis pendidikan akan bisa diselesaikan atau setidaknya bisa diminimalisasi. Fokus penelitian ini adalah Implementasi MBS dalam peningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang dari aspek Manajemen, Proses Belajar Mengajar (PBM), Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya dan Administrasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian kebijakan, yakni peneliti berupaya untuk memperoleh gambaran dan penjelasan serta melakukan analisis tentang pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang. Sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, tata usaha, guru, dan komite sekolah. Teknik dalam mengumpulan data adalah wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktive (Miles & Huberman). Dari hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang telah melaksanakan manajemen yang cukup baik, transparan dan akuntabel. Proses Belajar Mengajar (PBM) sudah berjalan cukup baik, namun harus terus dilakukan peningkatan-peningkatan,, Sumber Daya Manusia (SDM) kurang memadai dan masih terbatas, ini terkendala oleh minimnya dana operasional sekolah dan kurangnya peran dari yayasan dalam hal ini PCM Blimbing dan Sumber Daya dan Administrasi kurang memadai dan masih terbatas, ini terkendala oleh minimnya dana operasional sekolah dan kurangnya peran dari yayasan dalam hal ini PCM Blimbing. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang sudah berjalan, dan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah namun perlu terus dilakukan peningkatan-peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 22 Jun 2016 01:41
Last Modified: 22 Jun 2016 01:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32297

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo