UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN DASAR DI YAYASAN BUDI MULIA JAKARTA

Siong, Sin (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN DASAR DI YAYASAN BUDI MULIA JAKARTA. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sinsiong09-28370-2-babi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sinsiong09-28370-1-pendahul-n.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Dr. Dwi Priyo Utomo, M.Pd, (II) Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan penulis terhadap rendahnya profesionalitas guru pendidikan dasar di Yayasan Budi Mulia menurut standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Fokus penelitian ini adalah program peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru, implementasi program, dampak yang timbul setelah program diimplementasikan serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan peningkatan profesionalitas guru pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana implementasi kebijakan peningkatan profesionalitas guru telah berjalan di yayasan. Penelitian ini menganalisis peningkatan profesionalitas guru dari kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Dalam UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, disebutkan bahwa guru harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat sebagai pendidik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian kebijakan. Lokasi penelitian di kantor Yayasan Budi Mulia Jakarta. Yayasan tersebut mengelola 29 unit sekolah dari TK sampai SMA/SMK. Pemilihan lokasi didasarkan pada keprihatinan penulis terhadap rendahnya kualitas guru-guru di yayasan dan berkeinginan untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada yayasan agar lebih maju di kemudian hari. Data diperoleh dari sumber-sumber primer yaitu pengurus dan staf yayasan dan para kepala sekolah, serta sumber data sekunder dari dokumen yang ada yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, studi dokumenter dan observasi partisipatif. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis KOGMA. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Yayasan Budi Mulia Jakarta telah mempunyai program tahunan dan program jangka panjang untuk peningkatan profesionalitas guru baik kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Sasaran utama program peningkatan profesionalitas guru adalah guru yang belum memiliki kualifikasi akademik dan seleksi calon guru baru. Yayasan telah kerjasama dengan pelbagai pihak untuk merealisasikan program peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru. Implementasi kebijakan telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan dampaknya cukup positif bagi profesionalitas guru, sekolah, yayasan dan masyarakat. Faktor komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi telah menjadi faktor pendukung implementasi peningkatan profesionalitas guru, sedangkan faktor usia, mentalitas, jarak dan ketersediaan lembaga LPTK menjadi kendala dalam peningkatan profesionalitas guru.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:37
Last Modified: 18 Jun 2016 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo