UMM Institutional Repository

EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SMPN 2 JABUNG KABUPATEN MALANG

Tohari, (2012) EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SMPN 2 JABUNG KABUPATEN MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tohari0937-28371-2-bab1.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tohari0937-28371-1-pendahul-n.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I: Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si., Pembimbing II: Dr. (Fal) Latipun, M.Kes. Kebijakan Sertifikasi guru sudah dijalankan di Indonesia, belum ada instrument untuk mengukur keberhasilannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menngetahui tentang dampak (1) Kebijakan sertifikasi guru terhadap kompetensinya di SMPN 2 Jabung Kabupaten Malang menurut guru tersertifikasi. (2) Kebijakan sertifikasi guru terhadap kompetensinya di SMPN 2 Jabung Kabupaten Malang menurut guru non sertifikasi. (3) Kebijakan sertifikasi guru terhadap kompetensinya di SMPN 2 Jabung Kabupaten Malang menurut peserta didik. Penelitian kualitatif ini dilakukan di SMPN 2 Jabung Kabupaten Malang, dengan data diperoleh dari 3 guru tersertifikasi, 3 guru nonsertifikasi, dan 3 peserta didik melalui tehnik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta menggunakan analisis isi dan domain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan Sertifikasi Guru berdampak positif terhadap kompetensinya yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang ditunjukkan dengan selalu berupaya meningkatkan pengelolaan pembelajaran, memiliki kepedulian terhadap peserta didik, meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, memiliki kemauan memanfaatkan sarana informasi dan komunikasi, memiliki kemampuan mengajar dengan banyak cara dan mudah diterima, materi ujian sebagian besar sudah diberikan, sabar, dan orang yang dapat dicontoh. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan (1) para guru, agar tetap berupaya selalu mengembangkan diri melalui berbagai sarana pembinaan; (2) Kepala Sekolah, agar tetap berusaha mengembangkan kompetensi guru sebagai kelanjutan dari kebijakan sertifikasi guru dengan memberi dukungan motivasi, penyediaan sarana yang memadai, dan pemberian anggaran yang cukup; dan (3) Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan, agar lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan sertifikasi guru agar sertifikasi berdampak lebih optimal meningkatkan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:36
Last Modified: 18 Jun 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32267

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo