UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM ADAPTIF BAHASA INGGRIS PROGRAM TEKNIK MESIN DAN KOMPUTER JARINGAN DI SMK MAHARDIKA KARANG PLOSO MALANG

INASRI, (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM ADAPTIF BAHASA INGGRIS PROGRAM TEKNIK MESIN DAN KOMPUTER JARINGAN DI SMK MAHARDIKA KARANG PLOSO MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-inasri0937-28373-2-babi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-inasri0937-28373-1-pendahul-n.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Pembimbing Utama Dr. Siti Fatimah S. M.Pd Dan Pembimbing Pendamping Dr. Sujalil, M. Pd. Kurikulum Adaptif adalah kelompok mata diklat yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki dasar pengetahuan yang luas dan kuat untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sosial, lingkungan kerja serta mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan proses penyususunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris, mendiskripsikan implementasi kebijakan kurikulum adaptif Bahasa Inggris dan mendiskripsikan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pengembangan kurikulum adaptif Bahasa Inggris Program Teknik Mesin dan Komputer Jaringan di Smk Mahardika Karangploso Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyusunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris di SMK Mahardika Karangploso Malang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu seperti musyawarah kecil dan kemudian diteruskan dengan pembentukan panitia rapat setelah itu dilaksanakan rapat besar untuk membahas masalah penyusunan kurikulum. Faktor yang menjadi acuan dan pertimbangan penyusunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah Visi, misi dan tujuan sekolah serta hasil belajar siswa. Pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah Kepala sekolah, Waka kurikulum, dan Guru bidang studi. Implemantasi kebijakan kurikulum adaptif Bahasa Inggris disusun berdasarkan Kebutuhan lokal daerah dan kemampuan Siswa. Pihak yang bertanggung jawab atas kesalahan pelaksanaan kurikulum adaptif Bahasa Inggris yaitu Kepala sekolah, Guru bidang studi sendiri, dan Waka kurikulum. Perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus dibuat oleh pihak sekolah dengan melihat dulu kurikulum lain kemudian didipilah pilah dan di edit untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang ada di sekolah. Faktor pendukung memerlukan ruag lab Bahasa Inggris dan keterlibatan antara kedua belah pihak yaitu dari pihak sekolah dan keluarga siswa. Sementara Faktor penghambatnya adalah siswa yang tidak mempunyai buku LKS atau buku paket. Upaya sekolah dalam mengatasi ketidaktuntasan nilai yaitu dengan memberikan remidi, jika dalam remidi dan siswa masih mendapatkan nilai jelek maka diberikan tugas tambahan. Faktor yang mempengaruhi dalam Pengembangan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah Perguruan Tinggi, Masyarakat, dan Sistem nilai. Sementara hambatan dalam pengembangan kurikulum adaptif Bahasa Inggris adalah sarana dan prasarana, kurangnya informasi (koordinasi) dari pihak atas yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten, dan keterbatasan waktu yang dimiliki guru. Sementara faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum adalah Masyarakat, dan Guru.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:30
Last Modified: 18 Jun 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32265

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo