UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI SMP NEGERI 21 MALANG SEBAGAI SEKOLAH STANDAR NASIONAL

ASTUTI, ASKINDARI (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI SMP NEGERI 21 MALANG SEBAGAI SEKOLAH STANDAR NASIONAL. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-askindaria-28376-2-babi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-askindaria-28376-1-pendahul-n.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Dosen pembimbing: (1) Dr. Ichsan Anshory AM, MPd. (2) Dra Siti Inganah,MM,MPd. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, ketuntasan belajar (mastery learning) menjadi target penting guru dalam pembelajaran, oleh karena itu guru harus menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai oleh peserta didik untuk dinyatakan tuntas atau tidak. Paradikma pendidikan harus berubah, lebih memusat pada peserta didik, sehingga ketuntasan belajar tercapai. Penelitian ini tentang Implementasi kebijakan penetapan KKM di SMP Negeri 21 Malang, yang difokuskan pada tujuan, penelitian untuk mengetahui: (1) perencanaan penetapan KKM, (2) pelaksanaan kebijakan penetapan KKM, (3) hasil penetapan KKM dan (4)faktor pendukung dan penghambat penetapan KKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Tehnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data memakai triangulasi, diskusi dengan teman sejawat dan member check. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan Penetapan KKM di SMP Negeri 21 Malang berjalan dengan baik, sesuai dengan permendiknas no 20 tahun 2007, Pedoman Umum Sistim Penilaian dan Pedoman Implementasi KTSP, 2) Pelaksanaan penetapan KKM di SMP Negeri 21 dilimpahkan oleh Kepala sekolah ke Wakil kepala Sekolah bidang Kurikulum kemudian dilanjutkan ke guru bidang studi melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran, telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang berdasarkan intake, kompleksitas materi dan daya dukung sekolah, serta dipertimbangkan dari nilai evaluasi sebelumnya, 3) Hasil penetapan KKM di SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2008-2009 semua mata pelajaran adalah 70, masih dibawah ketentuan SNP. Namun karena ketercapaian siswa terhadap KKM tinggi, maka pada tahun pelajaran 2009-2010 setiap mata pelajaran dinaikkan menjadi 75, sudah sesuai dengan SNP, kecuali Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini menunjukkan bahwa guru SMP Negeri 21 dalam penetapan KKM sudah melakukan managemen Plan, do, check dan act, 4) Temuan-temuan: a) Faktor pendukung: Dengan daya dukung sekolah sangat tinggi, memungkinkan guru untuk peningkatan KKM lebih tinggi lagi mengingat sekolah ini berstatus SSN, b) Faktor Penghambat: Tidak semua guru menetapkan KKM sesuai dengan pedoman penetapan. Adakalanya guru merasa malas menetapkan KKM sehingga hanya berdasarkan kira-kira saja, Hal itu terlihat dari KKM yang ditetapkan pada hampir semua kompetensi dasar sama, padahal masing-masing kompetensi dasar mempunyai kompleksitas yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:19
Last Modified: 18 Jun 2016 02:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32262

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo