UMM Institutional Repository

UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU NON PENDIDIKAN KHUSUS DI SLB KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK

Rahayu, Sri (2012) UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU NON PENDIDIKAN KHUSUS DI SLB KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srirahayu0-28377-2-bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srirahayu0-28377-1-pendahul-n.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Khoirul Anwar, M.Pd (II) Drs. Moh Mahfud Efendi, MM Kualifikasi guru sekolah luar biasa di Kabupaten Gresik menunjukkan masih banyak yang berkualifikasi belum S1, otomatis kompetensi yang dimiliki belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru non pendidikan khusus, untuk mengetahui peningkatan kualifikasi akademik dan peningkatan kompetensi guru non pendidikan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kwalitatif . Penelitian ini dilakukan di SLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik, berdasarkan pertimbangan bahwa sekolah tersebut merupakan sekolah yang dirasa paling representative. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru dijadilan informan dan responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan menjadi dua upaya kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru, dimana upaya tersebut adalah peningkatan kualifikasi akademik dan peningkatan kompetensi. Peningkatan kualifikasi meliputi: : 1) memberi ijin atau mengirim untuk studi lanjut; 2) menyelenggarakan program in-service training (pelatihan) pendidikan khusus; 3) mengupayakan kerjasama dengan perguruan tinggi tentang penelitian bersama, sedangkan untuk peningkatan kompetensi meliputi: 1) mengupayakan ke stakeholder dalam rangka peningkatan kompetensi melalui program sertifikasi; 2) melakukan supervisi pada semua guru; 3) memberi fasilitas dan mendorong guru untuk meningkatkan kinerjanya melalui pembuatan PTK; 4) mengirim guru-guru untuk mengikuti seminar maupun pelatihan-pelatihan terkait dengan pendidikan khusus. Berdasarkan kesimpulan diatas saran yang disampaikan adalah: 1) bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu masukan untuk dibuatkan suatu kebijakan tentang pelatihan bagi guru non pendidikan khusus yang belum memiliki kompetensi khusus Jika hanya mengandalkan pada kuota sertifikasi dari Diknas kabupaten dirasa terlalu lama mengingat program khusus merupakan suatu materi wajib yang harus diberikan guru pada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya serta kegiatan supervisi harus dijadwalkan sesuai program dan bila sibuk bisa didelegasikan pada wakil kepala sekolah bagian kurikulum ; 2) bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu masukan bahwa untuk menjadi guru disekolah khusus memang dibutuhkan suatu semangat, integritas, empati, kesabaran yang sangat tinggi dalam melakukan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus; 3) bagi Yayasan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kontribusi dalam mengambil kebijakan utamanya yang berkaitan dengan pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:17
Last Modified: 18 Jun 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32261

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo