UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI DAMPAKNYA TERHADAP GURU DI SMP NEGERI 1 BALEREJO KABUPATEN MADIUN

RIADI, (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI DAMPAKNYA TERHADAP GURU DI SMP NEGERI 1 BALEREJO KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riadi09370-28383-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riadi09370-28383-1-pendahul-n.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Tuntutan profesionalisme merupakan hal yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Guru profesional adalah guru yang mempunyai kualifikasi akademik dan memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Baik guru yang sudah lama atau senior maupun guru junior atau baru belum menunjukkan kualitas yang baik dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Maka dari itu perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas yang profesional melalui sertifikasi. Berdasarkan uraian diatas tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan, faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan dan dampak implementasi kebijakan sertifikasi di SMP Negeri 1 Balerejo, Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskrptif kualitatif. Metode ini dipilih dengan pertimbangan bahwa peneliti berusaha mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap dan persepsi seseorang atau kelompok yang berkaitan dengan implementasi kebijakan sertifikasi Sedangkan desain yang digunakan adalah penelitian kebijakan, dimana peneliti berupaya memperoleh gambaran, menjelaskan dan menganalisis apa yang tersembunyi dibalik implementasi kebijakan sertifikasi dampaknya terhadap guru di SMP Negeri 1 Balerejo, Kabupaten Madiun. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru SMP Negeri 1 Balerejo, Kabupaten Madiun. Sedangkan sumber data skunder diperoleh melalui, observasi, Wawancara, dan studi Dokumen. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan Analisis Diskripsi, melalui 4 tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: implementasi kebijakan sertifikasi dampaknya terhadap guru di SMP Negeri 1 Balerejo antara lain: mengikut sertakan guru dalam berbagai kegiatan pelatihan sehingga terjadi peningkatan profesi guru menunjukkan hasil yang positif, yang ditandai meningkatnya kompetensi guru baik kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi professional maupun kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 18 Jun 2016 02:05
Last Modified: 18 Jun 2016 02:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo