UMM Institutional Repository

EVALUASI KEBIJAKAN SARANA PRASARANA, PEMBIAYAAN, TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DI SMP NEGERI 1 GEGER

WIJAYANTI, RINDANG WAHYU (2012) EVALUASI KEBIJAKAN SARANA PRASARANA, PEMBIAYAAN, TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DI SMP NEGERI 1 GEGER. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindangwah-28401-2-babi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindangwah-28401-1-pendahul-n.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Kebijakan Sekolah Bertaraf Internasional adalah berdasarkan pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. SBI harus memenuhi dua indikator kinerja sekolah, yaitu Indikator Kinerja Kunci Minimal (IKKM) dan Indikator Kinerja Kunci Tambahan (IKKT). IKKM pada dasarnya adalah SNP yang meliputi komponen-komponen pendidikan: akreditasi, kurikulum, proses pembelajaran, penilaian, pendidik, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kesiapan SMP Negeri 1 Geger sebagai SBI berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003; (2) evaluasi kebijakan untuk memenuhi standar sarana prasarana pendidikan yang memadai; (3) evaluasi kebijakan untuk memenuhi standar pembiayaan pendidikan SBI yang memadai; dan (4) evaluasi kebijakan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan standar SBI di SMP Negeri 1 Geger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode ini peneliti menggali informasi secara alamiah tentang evaluasi kebijakan sarana prasarana, pembiayaan, tenaga pendidik dan kependidikan menuju SBI di SMP Negeri 1 Geger. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator SBI, dan guru MIPA dan Bahasa Inggris serta dokumentasi di SMP Negeri 1 Geger. Teknik dalam menggali data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan kesiapan SMP Negeri 1 Geger sebagai SBI menunjukkan adanya upaya yang cukup serius untuk memenuhi jaminan mutu pendidikan yang bertaraf internasional karena sudah memenuhi sebagian besar komponen IKKT sebagai jaminan mutu pendidikan yang bertaraf internasional. Kebijakan pemenuhan standar sarana prasarana pendidikan yang memadai adalah melalui pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana untuk memenuhi standar sarana prasarana tambahan (IKKT). Kebijakan pemenuhan standar pembiayaan pendidikan RSBI melalui sharing dana antara pemerintah pusat, privinsi, dan kabupaten belum berjalan dengan baik. Sumber pembiayaan pendidikan RSBI berasal dari blockgrant RSBI dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional, orang tua siswa, dan sponsor. Kebijakan peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan antara lain melalui kursus Bahasa Inggris dan TI bagi Kepala Sekolah, guru dan karyawan, In House Training (IHT), seminar, pertemuan Cluster RSBI dan MGMP. Sedangkan kebijakan peningkatan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan melalui studi lanjut dengan biaya sendiri bagi guru-guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 Jun 2016 08:50
Last Modified: 17 Jun 2016 08:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32238

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo