UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM BOS DI SMP NEGERI DAN SWASTA KABUPATEN MADIUN DALAM MENDUKUNG KEBIJAKAN SEKOLAH GRATIS

EVININGRUM, SULISTYA (2012) IMPLEMENTASI PROGRAM BOS DI SMP NEGERI DAN SWASTA KABUPATEN MADIUN DALAM MENDUKUNG KEBIJAKAN SEKOLAH GRATIS. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulistyaev-28402-1-pendahul-n.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Program BOS bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan biaya pendidikan bagi siswa, agar mereka memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan program wajib belajar sembilan tahun. Di kabupaten Madiun program BOS tidak otomatis menjadikan siswa bebas iuran sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui efektifitas pelaksanaan program BOS terkait atau mencakup masalah untuk apa dana tersebut, apakah tejadi penyimpangan, dan apakah sasaran dapat dicapai; (2) mengetahui apakah pengelolaan Program BOS menganut prinsip akuntabilitas dan transparansi; (3) mengetahui apakah Program BOS bisa menjadikan sekolah gratis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data trianggulasi, yaitu obervasi, dokumentasi, dan wawancara. Studi kasus penelitian ini pada SMPN 2 Mejayan dan SMP Muhammadiyah 2 Caruban Kabupaten Madiun. Hasil penelitian adalah: (1) Implementasi program BOS tahun 2010/2011 telah terlaksana sesuai harapan, meskipun ada hambatan dalam pelaksanaannya antara lain kurang lengkapnya materi sosialisasi dan pencairan dana BOS sering terlambat sehingga mengganggu kegiatan sekolah; (2) akuntabilitas dan transparansi dalam mengelola dana BOS sudah terlaksana; (3) Program BOS tidak otomatis menjadikan sekolah gratis, dana BOS belum menjangkau semua siswa miskin/tidak mampu untuk memperoleh layanan pendidikan secara memadai, dana BOS belum bisa membantu biaya non operasional dan belum bisa mencukupi biaya sarana prasarana sekolah, kebijakan pendidikan gratis melalui Program BOS menjadikan masyarakat miskin merasa terbantu dan mendapat keringanan dalam mengakses pendidikan. Sumber dana sumbangan komite/orang tua siswa sebagai bentuk partisipasi masyarakat lebih dominan dibandingkan berasal dari Program BOS.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 Jun 2016 08:49
Last Modified: 17 Jun 2016 08:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo