UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI FULLDAY SCHOOL SEBAGAI USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Kajian Kebijakan Pendidikan di SMA Negeri 1 Mejayan Kab. Madiun)

PUJIARTO, LULUS (2012) IMPLEMENTASI FULLDAY SCHOOL SEBAGAI USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Kajian Kebijakan Pendidikan di SMA Negeri 1 Mejayan Kab. Madiun). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luluspujia-28403-2-babi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luluspujia-28403-1-pendahul-n.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh penjelasan mengenai implementasi fullday school sebagai usaha peningkatan mutu pendidikan. Adapun secara khusus bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kebijakan sistem fullday school di SMA Negeri 1 Mejayan, implementasi fullday school dalam aspek akademis dan non akademis sebagai usaha peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mejayan dan dampak penerapan fullday school sebagai usaha peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mejayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, guru, siswa dan komite. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji kepercayaan terhadap hasil dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan dalam pengamatan, penerapan teknik triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sistem fullday school di SMA Negeri 1 Mejayan merupakan pengembangan dari visi dan misi SMA Negeri 1 Mejayan berupa pembelajaran dan pengembangan aspek akademis yang meliputi aspek kognitif, psikomotor dan afektif dan aspek non akademis yang meliputi aspek iman dan taqwa, pembiasaan lingkungan bersih dan budi pekerti baik, pengembangan diri yang dilaksanakan sepanjang hari dengan tujuan: 1) memberikan tambahan layanan akademik kepada semua siswa agar mampu mengembangkan kompetensi terutama kelompok mata pelajaran ilmu pengetahun dan teknologi; 2) meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut; 3) menambah jam belajar dalam lingkup membentuk jati diri peserta didik; 4) menciptakan keseimbangan pengembangan kemampuan akademik (intrakulikuler) dan non akademis (ekstrakulikuler). Dampak positif yang diperoleh adalah peningkatan proses dan hasil aspek akademis, peningkatan perkembangan dan hasil aspek non akademis, peningkatan pemanfaatan waktu yang baik bagi siswa, penanggulangan pengaruh negatif pada siswa dan ketenangan orang tua terhadap kegiatan anaknya. Dampak negatif yang terjadi adalah kondisi daya tahan atau kesehatan guru dan siswa sering turun, dapat menimbulkan kejenuhan belajar, pendidikan keluarga kurang bisa ditanamkan, anak kurang peduli pada lingkungan masyarakat dan hubungan antar keluarga serta peningkatan biaya yang harus ditanggung orang tua. Secara umum dapat dikatakan bahwa sistem fullday school dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 Jun 2016 08:47
Last Modified: 17 Jun 2016 08:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo