UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONAL GURU DALAM PERSPEKTIF STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) DI SMA NEGERI I NGLAMES KABUPATEN MADIUN

WALUYO, (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONAL GURU DALAM PERSPEKTIF STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) DI SMA NEGERI I NGLAMES KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-waluyo0937-28404-2-babi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-waluyo0937-28404-1-pendahul-n.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Masih rendahnya kompetensi guru yang meliputi: (a) kompetensi pedagogik; (b) kompetensi profesional; (c) kompetensi kepribadian; dan (d) kompetensi sosial, sehingga banyak guru yang belum mampu melaksanakan tugasnya secara profesional. Tuntutan prefesional guru terhadap peningkatan kualitas guru dilakukan melalui peningkatan: (a) kualifikasi akademik; (b) terpenuhinya sertifikasi; dan (c) kompetensi profesi. Proses pembelajaran yang belum maksimal disebabkan oleh guru mengajar tidak sesuai dengan bidangnya, sehingga tidak menguasai konsep materi, belum melaksanakan standar proses secara baik, dan tidak menguasai metode maupun media dengan baik. Peningkatan profesional guru diarahkan pada peningkatan standar proses dalam perspektif Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam standar proses di SMA Negeri 1 Nglames Kab. Madiun, sehingga proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan mutu pendidikan meningkat. Menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian kebijakan peningkatan profesional guru didasarkan pada: (1) Kebijakan dinas pendidikan dan kepala SMAN 1 Nglames yang meliputi bentuk kegiatan peningkatan profesional guru adalah workshop, diklat/pelatihan, seminar, MGMP/PKG. Proses pembelajaran berupa ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi. Program peningkatan profesional guru sudah sesuai rencana, tetapi evaluasi belum optimal. Kendalanya adalah program pengimbasan, kurang lamanya pelaksanaan kegiatan, bervariasinya kemampuan guru, dana, dan implementasi di kelas. Solusinya adalah: seluruh guru menjadi peserta program peningkatan profesional, ditindaklanjuti dengan pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Porum Kerja Guru (PKG), mengelompokkan guru berdasar kemampuan, waktu pelaksanaan kegiatan diperpanjang, dan kegiatan dilakukan bertahap; (2) Meningkatnya kompetensi guru dalam standar proses terhadap: (a) penyusunan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran; (b) kompetensi menggunakan media atau sumber belajar; (c) kemampuan menggunakan metode teknologi informatika; dan (d) pengetahuan melakukan penelitian ilmiah. (3) Dampak secara khusus meningkatnya profesional guru dalam: a) kompetensi pedagogik, b) kompetensi profesional, c) kompetensi kepribadian, dan d) kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 17 Jun 2016 08:45
Last Modified: 17 Jun 2016 08:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32235

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo