UMM Institutional Repository

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN LABEL OBAT DIARE PADA PELAKU SWAMEDIKASI

RAHMAWATI, YULIA (2011) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN LABEL OBAT DIARE PADA PELAKU SWAMEDIKASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yuliarahma-23596-PENDAHUL-N.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yuliarahma-23596-BAB+1.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Diare merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, dengan angka kesakitan dan kematiannya masih tinggi. Dalam upaya untuk mengatasi diare tersebut, banyak masyarakat yang melakukan pengobatan sendiri. Label obat merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan informasi obat. Informasi yang terdapat pada label obat akan membantu seseorang untuk memilih obat bebas secara tepat apabila penggunaannya sesuai dengan ketentuan. Permasalahan yang timbul adalah apakah tingkat pendidikan dan ekonomi mempengaruhi pemahaman label penggunaan obat diare yang dibeli secara bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan ekonomi terhadap pemahaman label obat penggunaan obat diare yang di beli secara bebas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional. Berdasarkan waktunya, penelitian ini termasuk dalam penelitian cross-sectional yaitu setiap subjek penelitian hanya diobservasi sekali saja dan pengukuran dilakukan terhadap status karakter atau variabel subjek pada saat pemeriksaan. Pengambilan sampel adalah total populasi, pengambilan data menggunakan kuisoner dan analisis statistik data menggunakan analisis regresi logistik ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan ekonomi terhadap pemahaman pada label obat diare pada pelaku swamedikasi. Dari penelitian ini dapat disarankan agar adanya perbaikan label obat menjadi mudah dipahami, lengkap dan akurat serta menarik, sehingga dapat memudahkan dan menjadi sumber informasi utama bagi pelaku swamedikasi dalam menggunakan label obat diare.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:37
Last Modified: 17 Jun 2016 07:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo