UMM Institutional Repository

KEPUASAN KLIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi beberapa apotek di Wilayah Kec. Klojen Kota Malang)

HADI, HERU PRABOWO (2011) KEPUASAN KLIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi beberapa apotek di Wilayah Kec. Klojen Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-heruprabow-23597-PENDAHUL-N.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-heruprabow-23597-BAB+1.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Swamedikasi adalah pemilihan dan penggunaan obat baik obat modern maupun obat tradisional oleh seorang untuk mengobati penyakit atau gejalanya yang dapat di kenali sendiri. Untuk itu seorang farmasis harus memberikan informasi yang cukup tentang pengobatan swamedikasi klien. Tingkat kepuasan konsumen merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi pelayanan. Tingkat kepuasan konsumen dilakukan survei berupa angket atau wawancara langsung terhadap klien, kepuasan terdiri dari 5 dimensi yaitu kehandalan,Ketanggapan, Jaminan, empati, bukti langsung. Penelitian ini dilakukan dengan survey cross sectional dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian dan metode wawancara untuk menjelaskan tentang soal yang tertera pada kuisioner. Penelitian ini menggunakan beberapa apotek di Kecamatan Klojen kota Malang sejumlah 6 apotek, sampel penelitian untuk apotek dan menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian untuk jumlah klien. Analisa data menggunakan analisa importance performance matriks dengan membandingkan persepsi klien terhadap tingkat kinerja dan tingkat kepentingan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa yang masuk dalam kuadran kesatu kepentingan lebih tinggi daripada kinerja, Kuadran kedua kepentingan sama tinggi dengan kinerja Kuadran ketiga kinerja dan kepentingan sama rendah. Kuadran keempat kinerja tinggi dan kepentingan rendah. Kesimpulan hasil penelitian dari lima dimensi dan NIP > NIK, tersebut menyatakan bahwa klien tidak puas dengan pelayanan informasi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:22
Last Modified: 17 Jun 2016 07:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo