UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLAN OBAT FLU DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

WAHYUNI, SURAYYA INDAH (2011) PENGARUH IKLAN OBAT FLU DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KECAMATAN LOWOKWARU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-surayyaind-23600-PENDAHUL-N.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-surayyaind-23600-bab1.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

PENGARUH IKLAN OBAT FLU DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KECAMATAN LOWOKWARU MALANG Swamedikasi merupakan upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri untuk mengatasi keluhan-keluhan dan penyakit ringan yang dialami masyarakat. Fokus penelitian ini pada keluhan flu, karena flu sendiri menduduki peringkat ke-2 yakni sebesar 53% penduduk yang melakukan swamedikasi. Tersedianya produk obat flu yang melimpah di pasaran membuat sebagian produsen farmasi melakukan pemasaran dengan mengiklankan produknya di televisi. Sehingga, masyarakat harus mampu menganalisis informasi dari iklan yang dilihat dengan baik agar tidak salah mengambil keputusan dalam memilih obat karena pengaruh iklan akan berdampak luas, mulai tidak sembuhnya gejala penyakit yang dirasakan hingga munculnya efek samping obat yang tidak diinginkan. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan menggunakan analisis deskriptif, korelasi, uji t, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini didapatkan nilai koefisien korelasi (r2) sebesar 0,212 dengan thitung sebesar 2,05 dan persamaan regresi regresi linier Ŷ = 2,30 + 0,324x beserta nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 4,5%. Kesimpulan dari penelitian ini, ada pengaruh yang signifikan antara iklan obat flu di televisi dan pemilihan obat secara swamedikasi pada masyarakat kecamatan Lowokwaru Malang dan besarnya pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada masyarakat kecamatan Lowokwaru Malang adalah 4,5%. Pengaruh tersebut berasal dari parameter-parameter iklan obat flu yang terdiri atas informasi, kriteria, dan komponen dari iklan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:56
Last Modified: 17 Jun 2016 06:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo