UMM Institutional Repository

GROUP COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA WANITA YANG MENGHADAPI MENOPAUSE

Safithry, Esty Aryani (2012) GROUP COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA WANITA YANG MENGHADAPI MENOPAUSE. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-estyaryani-28354-1-pendahul-n.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-estyaryani-28354-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Pada masyarakat yang mengagungkan kemudaan dan kecantikan, menopause bisa dipersepsikan sebagai ancaman (Christiani, 2000). Selain itu mitos yang timbul di masyarakat dan stereotip negatif tentang menopause dapat menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah group cognitive behavior therapy yang diterapkan dapat menurunkan kecemasan menghadapi menopause. Group cognitive behavior therapy adalah teknik CBT yang diterapkan pada kelompok. Pada group CBT ini, dinamika kelompok sangat ditekankan karena dapat tercapai atau tidak suatu tujuan kelompok tergantung pada bagaimana pola komunikasi antar anggotanya, oleh karena itu, pada setiap sesinya selalu ada kegiatan diskusi kelompok. Subjek penelitian ini adalah wanita yang masih aktif bekerja. Saat gejala menopause muncul akan membuat mereka berfikiran negatif bahwa gejala tersebut dapat menghambat kerja dan mengganggu penampilan serta membuat mereka takut jika suami mereka mencari perempuan yang lebih cantik. Pikiranpikiran negatif itulah yang akhirnya membuat mereka mengalami kecemasan menghadapi menopause. Terapi kognitif seringkali dikombinasikan dengan modifikasi perilaku untuk mendapatkan hasil yang maksimal (Nevid, 2007), maka teknik yang akan digunakan adalah latihan relaksasi dan restrukturisasi kognitif. Dinamika kelompok pada teknik terapi ini berupa diskusi kelompok mengenai hambatan dan kemajuan saat berlatih relaksasi serta mencari pemikiran positif saat restrukturisasi kognitif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subyek penelitian adalah wanita berumur antara 48-50 tahun dan berjumlah enam orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi ini dapat menurunkan kecemasan, yang ditandai oleh menurunnya tingkat kecemasan, dapat mengganti pemikiran dan tingkah laku negatif menjadi pemikiran dan tingkah laku positif. Penerapan dinamika kelompok pada setiap sesi terapi sangat membantu dalam melatih keterbukaan terhadap permasalahan menopause yang akhirnya memunculkan sikap saling memahami, menghargai dan memotivasi membuat subjek penelitian memiliki keyakinan diri bahwa mereka dapat melalui masa menopause dengan lancar.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:33
Last Modified: 17 Jun 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32211

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo