UMM Institutional Repository

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT TELKOM AREA JEMBER

NurÂ’Aini, Siti (2012) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT TELKOM AREA JEMBER. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sitinurain-28231-1-pendahul-n.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sitinurain-28231-2-bab1.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Kinerja pelayanan merupakan aktivitas yang dilakukan karyawan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen. Kinerja pelayanan bersifat alamiah, artinya karyawan yang bekerja melayani membutuhkan perilaku extra role, atau yang biasa disebut perilaku Organizational citizenship behavior (OCB). Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan perilaku yang memiliki kontribusi penting bagi perusahaan terutama pada kinerja pelayanan karyawan. Organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan dipengaruhi oleh budaya organisasi dan persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan persepsi dukungan organisasi terhadp kinerja pelayanan PT TELKOM Area Jember. Jenis penelitian ini ex post Facto, penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang sedang terjadi dan kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kejadian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja pelayanan melalui organizational citizenship behavior (OCB). Populasi dalam penelitian ini adalah 69 karyawan TELKOM yang bekerja berinteraksi dengan konsumen eksternal. sampel penelitian ini diperoleh dengan teknik simple random sampling. Terdapat 55 subyek yang menjadi sampel dalam penelitian ini dan telah mengisi kuesioner budaya organisasi, kuesioner persepsi dukungan organisasi, kuesioner Organizational citizenship behavior (OCB) dan kuesioner kinerja pelayanan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi. Hasil penelitian ini ditemukan (F=62,273,P<0,000). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh budaya organisasi terhadap Organizational citizenship behavior (OCB). Sumbangan efektif budaya organisasi terhadap Organizational citizenship behavior (OCB) sebesar 54%. Hasil analisa hipotesa 2 diperoleh hasil (F=6,389. P <0,000) hal ini menunjukkan ada pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap Organizational citizenship behavior (OCB). Sumbangan efektif persepsi dukungan organisasi terhadap Organizational citizenship behavior (OCB) sebesar 10,8%. Hipotesa 3 diperoleh hasil sebesar (F = 30,853, p < 0,000) dan hipotesa 4 diperoleh (F=77,3 . P,0,000). Hal ini menunjukkan ada pengaruh Organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja pelayanan. Sumbangan efektif Organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja pelayanan 59,3 %. Kesimpulan penelitian ada pengaruh budaya organiasi dan persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja pelayanan melalui Organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan PT TELKOM Area Jember.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:32
Last Modified: 17 Jun 2016 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32210

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo