UMM Institutional Repository

KONSEP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS DIRI REMAJA DALAM PERSPEKTIF TEORI IDENTITAS ERIKSON (Studi Kritis di SMK Negeri 2 Malang)

Khaeriah, Eviatun (2012) KONSEP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS DIRI REMAJA DALAM PERSPEKTIF TEORI IDENTITAS ERIKSON (Studi Kritis di SMK Negeri 2 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--eviatunkha-28230-1-pendahul-n.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--eviatunkha-28230-2-babi.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan program yang telah dicanangkan pemerintah dengan tujuan membentuk manusia indonesia yang cinta damai, jujur, bertanggung jawab, menjaga lingkungan dan kualitas akhlak serta berbudi pekerti luhur. Sementara dalam fenomena kehidupan sehari-hari persoalan krisis identitas diri yang terjadi pada diri remaja dalam hubungan antar manusia merupakan persoalan pokok yang harus dicari solusinya.Remaja mengalami masa krisis dalam pencarian identitas dan jati dirinya,jika remaja tidak berhasil menghadapi masa krisis identitasnya akan mengalami identity confution (kebingungan identitas), dimana hal tersebut akan menimbulkan banyak permasalahan bagi remaja. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk membantu remaja dalam menghadapi krisis identitas yang dialaminya. Melalui penanaman nilai-nilai pada remaja, diharapkan dapat membantu remaja dalam menemukan identitas dirinya. Sehingga pendidikan karakter diharapkan mampu membentuk sistem nilai yang dimiliki dan dihayati oleh remaja, selanjutnya diwujudkan secara konsisten dalam perilaku, dan terbentuk;ah watak, identitas diri serta kepribadian remaja. Tujuan pelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan kondisi obyektif identitas diri dan karakter remaja di SMKN 2 Malang. (2) Untuk menjelaskan konsep pendidikan karakter yang dikembangkan di SMKN 2 Malang. (3) Menemukan konsep pengembangkan pendidikan karakter yang sesuai bagi remaja dan dapat membentuk identitas diri remaja. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam, observasi, dokumentasi, foto dan FGD. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Malang, guru dan konselor serta kepala sekolah sebagai nara sumber yang kompeten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kondisi obyektif identitas diri remaja di SMKN 2 Malang, pada umumnya sedang mengalami krisis identitas diri dan sebagian besar belum mampu mengatasi krisis identitasnya sehingga remaja mengalami identity confution (kebingungan identitas diri). Sedangkan karakter remaja yang mengalami kebingungan identitas diri cenderung menampakkan karakter yang negatif dan kurang baik. Sebagian kecil remaja di SMKN 2 Malang sudah mampu menghadapi krisis identitas diri sehingga remaja mampu memiliki rasa identitas optimal yang cenderung menunjukkan perilaku dan karakter positif.(2) Konsep pendidikan karakter yang sudah dikembangkan di SMKN 2 Malang belum dilakukan secara holistik dan belum terintegerasi dalam perangkat pembelajaran setiap mata pelajaran. Konsep yang ada masih berupa kebiasaan-kebiasaan yang disepakati bersama. (3) Konsep pendidikan karakter yang dapat dikembangkan di SMKN 2 Malang dikembangkan dalam sebuah konsep pendidikan karakter yang holistik, yang diintegrasikan kedalam semua mata pelajaran. Penanaman nilai-nilai karakter dikembangkan melalui penguatan yang diintegrasikan dalam perangkat pembelajaran guru yang akan memunculkan indikator-indikator yang mencerminkan adanya keterampilan sosial, kognitif, afektif dan psikomotor serta karakter positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate > Master of Psychology (73103)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:30
Last Modified: 17 Jun 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32209

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo