UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI UJIAN NASIONAL DI SMK NEGERI 1 KEBONSARI KABUPATEN MADIUN

Bauzir, Thaha (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI UJIAN NASIONAL DI SMK NEGERI 1 KEBONSARI KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--thahabauzi-27941-1-pendahul-n.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--thahabauzi-27941-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Pembimbing utama Dr. Dwi Priyo Utomo, M.Pd, pembimbing pendamping Drs. Mujahidin, M.Si. Ujian Nasional merupakan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah sebagai wujud pelaksanaan standarisasi pendidikan. Namun pro dan kontra adanya Ujian Nasional tak terelakkan. Pro dan kontra ada dan tidak adanya Ujian Nasional merupakan dua sisi berlainan yang mempunyai kekuatan seimbang. Oleh karenanya sangat wajar pro dan kontra itu muncul saling menyedot perhatian masyarakat penerima dampak kebijakan keterlaksanaan Ujian Nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persiapan (2) pelaksanaan (3) dampak (4) kesesuaian (5) kendala-kendala yang dihadapi oleh SMK Negeri 1 Kebonsari Kabupaten Madiun dalam mengimplementasikan Ujian Nasional. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data ditentukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dipendabilitas dan konfirmabilitas. Menghadapi Ujian Nasional, SMK Negeri 1 Kebonsari melaksanakan kegiatan-kegiatan: a)sosialisasi, b) penambahan jam belajar (IB), c) tryout (uji coba), d) pelaksanaan doÂ’a bersama atau mujahaddah. Pelaksanaan Ujian Nasional sesuai dengan aturan yang ada di dalam Permendiknas dan POS Ujian Nasional yang meliputi: a) program kerja, b) kepanitiaan, c) pengamanan, d) tim pengawas independen (TPI). Dampak dari pelaksanaan Ujian Nasional yang mencakup dampak positif dan negatif. Dampak positif yaitu dapat mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar, guru lebih giat dalam menyiapkan peserta didiknya dengan metode terbaik, dan sekolah berusaha memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Dampak negatif yang terjadi adalah adanya kecemasan yang berlebihan, adanya penomor duaan terhadap mata pelajaran lain yang juga berimbas terhadap gurunya, sekolah lebih fokus hanya mengejar kelulusan sehingga tujuan SMK yang sebenarnya kurang tercapai, dan terjadinya tindakan yang tidak semestinya demi tercapainya angka kelulusan yang baik. Pelaksanaan Ujian Nasional di SMK Negeri 1 Kebonsari sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009 Tentang Ujian Nasional dan dalam pelaksanaannya diatur dengan Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh BNSP. Kendala-kendala yang dihadapi oleh SMK Negeri 1 Kebonsari meliputi kendala internal dan eksternal. Kendala internal dalam implementasi Ujian Nasional banyak dipicu dari input peserta didik, proses pembelajaran, minat dan motivasi peserta didik, dan sarana yang minim yang dimiliki sekolah. Kendala eksternal dipicu oleh kondisi peserta didik yang domisili tempat tinggalnya relatif jauh dari sekolah serta dukungan dan kesadaran orang tua yang kurang.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 09:05
Last Modified: 16 Jun 2016 09:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32195

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo