UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TENTANG PENEGAKAN DISIPLIN DI SMP NEGERI 1 PANGKUR NGAWI

Nurfaida, Umi (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TENTANG PENEGAKAN DISIPLIN DI SMP NEGERI 1 PANGKUR NGAWI. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--uminurfaid-27942-1-pendahul-n.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--uminurfaid-27942-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan pilar utama dari gerakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, namun di lingkungan internal sekolahpun pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan yang merentang dari pelanggaran tingkat ringan sampai dengan pelanggaran tingkat tinggi. Untuk mengatasi pelanggaran yang terjadi di sekolah maka disiplin di sekolah perlu ditingkatkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendiskripsikan tentang implementasi kebijakan sekolah tentang pelaksanaan program kerja Tim Penegak Disiplin , Menganalisis dampak Tim Penegak Disiplin (TPD) terhadap tingkat kedisiplinan siswa dan menganalisis hambatan yang muncul pada pelaksanaan Tim Penegak Disiplin (TPD) di SMP Negeri 1 Pangkur Ngawi Metode yang digunakan untuk mengumpulan data adalah menggunakan metode dokumentasi, observasi, kuesioner, wawancara dan penelitian kebijakan ini dalam bentuk kualitatif. Kesimpulannya adalah sebagai berikut: Implementasi kebijakan tentang Tim Penegak Disiplin di SMP Negeri 1 Pangkur diawali dengan penerbitan Surat Keputusan Kepala Sekolah Nomor 422/273/404.101.16.P01/2009 tertanggal 9 Nopember 2009 tentang susunan Tim Penegak Disiplin SMP Negeri 1 Pangkur. Program kerja TPD dibuat oleh TPD, lalu dikonsultasikan kepada Kepala Sekolah, Pengurus Komite Sekolah, dan beberapa guru senior Dampak Tim Penegak Disiplin (TPD) terhadap tingkat kedisiplinan siswa SMP Negeri 1 Pangkur Ngawi.Dampak sesudah terbentuknya Tim Penegak Disiplin (TPD) adalah menjadikan siswa mengalami perubahan yang lebih baik, pada kedisiplinan,sikap atau tingkah laku siswa SMP Negeri 1 Pangkur Hambatan yang muncul pada pelaksanaan Tim Penegak Disiplin (TPD) di SMP Negeri 1 Pangkur Ngawi adalah sebagai berikut : Hambatan dari Siswa yaitu kurang kesadaran siswa terhadap kedisiplinan. Hambatan dari TPD yaitu sebagian kecil Tim penegak Disiplin yang kurang peduli. Hambatan dari Orang tua yaitu kurang dukungan dan perhatian dari orang tua mengenai kedisiplinan siswa.Hambatan dari stakeholder yaitu kurang pedulinya stakeholder sekolah terhadap kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 09:03
Last Modified: 16 Jun 2016 09:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo