UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN REGROUPING (PENGGABUNGAN) SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi kasus pelaksanaan Regrouping Sekolah Dasar di Kab. Magetan)

Erlinnaningsih, Vivin Yuni (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN REGROUPING (PENGGABUNGAN) SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN (Studi kasus pelaksanaan Regrouping Sekolah Dasar di Kab. Magetan). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--vivinyunie-27959-1-pendahul-n.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--vivinyunie-27959-2-babi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan yang sangat mendasar sebagai pondasi membentuk sikap mental etika dan tatanan berfikir sehingga akan membuka cakrawala wawasan anak didik dalam mengembangkan dirinya dimasa yang akan datang, atas dasar pemikiran itulah kebijakan penggabungan Sekolah Dasar sebagai upaya penyempurnaan kelembagaan dalam rangka pengelolaan SD yang lebih efektif dan efisien, penulis anggap penting dan mendasar untuk dilakukan penelitian dan pengkajian secara mendalam. Melalui penelitian, penulis berusaha mencari kejelasan bagaimana implementasi kebijakan penggabungan Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan. Masalah penelitian ini timbul karena implementasi kebijakan penggabungan Sekolah Dasar sampai saat ini belum optimal, hal ini tidak saja berpengaruh terhadap nasib jabatan para Kepala Sekolah tetapi juga terhadap kelangsungan proses pembelajaran lebih lanjut pada Sekolah Dasar yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebijakan penggabungan (regrouping) Sekolah Dasar dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dengan mengambil studi kasus di Kab. Magetan, yang secara administratif dibagi 18 Kecamatan dengan jumlah Sekolah Dasar sebanyak 496 SD terdiri dari 490 SDN dan 6 SD Swasta. Yang menjadi fokus penelitian adalah salah satu kebijakan di bidang pendidikan, dirumuskan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dasar, melalui penyatuan dua unit SD atau lebih menjadi satu instansi SD dan diselenggarakan dalam satu pengelolaan, dengan sasaran adalah terciptanya proses belajar mengajar yang lebih baik didukung oleh sarana prasarana yang memadai. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif populasi dan sampel yang dipilih secara “purposive” yakni menganalisis peraturan baru kebijakan penggabungan SD. Sejalan dengan purposive sampling, menentukan sumber data dipilih pejabat yang dapat memberikan informasi sebanyak mungkin tentang fokus penelitian kebijakan penggabungan SD. Melalui Kebijakan penggabungan Sekolah Dasar sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan Sekolah Dasar yang efektif dan efisien telah mampu meningkatkan kinerja dan semangat kerja para Kepala Sekolah dan Guru-guru SD dalam menjalankan tugasnya. Hal ini tampak dari hasil wawancara tak berstuktur, berstuktur, observasi dan studi dokumentasi di lapangan. Dengan demikian hasil analisis, kebijakan penggabungan (regrouping) Sekolah Dasar berdampak kuat terhadap peningkatan efektivitas proses belajar mengajar dan efisiensi pengelolaan Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 09:00
Last Modified: 16 Jun 2016 09:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32193

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo