UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN ICT CENTER DALAM MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMKN 1 WONOASRI KABUPATEN MADIUN

Sutomo, (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMANFAATAN ICT CENTER DALAM MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMKN 1 WONOASRI KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sutomo0837-27966-1-pendahul-n.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sutomo0837-27966-2-babi.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keberadaan ICT Center Kabupaten Madiun di SMKN 1 Wonoasri. Salah satu program pemanfaatan ICT digunakannya sebagai alat pembelajaran yang berbasis web. Untuk mendukung program tersebut digulirkan kebijakan oleh Kepala Sekolah tentang pemanfaatan ICT Center dalam model pembelajaran e-Learning. Tetapi implementasi kebijakan tersebut tidak optimal karena guru merasa enggan merubah paradigama mengajar secara on-line ini, demikian juga siswa belum seluruhnya memahami model pembelajaran dengan e-Learning. Sedang infrastruktur pendukung belum memenuhi kebutuhan standar minimal aksesibilitas. Dari fenomena tersebut maka muncul permasalahan: (1) bagaimana implementasi kebijakan pemanfaatan ICT Center dalam model pembelajaran e-learning di SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun, (2) apakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan, dan (3) apakah kontribusi implementasi dalam peningkatan kompetensi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara kepada informan kunci dipilih secara purposif dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian di SMKN 1 Wonoasri, Jl. P. Sudirman No. 1 Caruban, Kabupaten Madiun. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan (1) perlunya sosialisasi kepada guru dan siswa secara berkelanjutan, (2) program e-learning belum semua pengguna memahami dan mempunyai persepsi yang sama, (3) dalam implementasi kebijakan perlu adanya evaluasi dan pembenahan secara mendasar pada pengelola program. Ada beberapa faktor pendukung untuk penerapan kebijakan ini seperti keberadaan ICT Center, telah dibangun e-Learning memakai aplikasi Moodle, insfratruktur yang tersedia, pengelola kompeten. Adapun penghambat program karena kurangnya sarana utama dan belum semua guru kompeten dalam menggunakan e-learning. Sedangkan guru yang telah menerapkan e-Learning dalam pembelajarannya terbukti dapat meningkatkan hasil kompetensi siswa dilihat dari hasil studi dokumentasi evaluasi pelajaran sebelum dan setelah menerapkan e-Learning

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 08:50
Last Modified: 16 Jun 2016 08:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32189

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo