UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI 2 JIWAN KABUPATEN MADIUN

SUKIMUN, (2012) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI 2 JIWAN KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sukimun083-27968-1-pendahul-n.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sukimun083-27968-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ke-nyataannya tampak bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam me-nentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan sehingga perlu perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, pengelolaan kelas, peng-gunaan metoda mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karak-teristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Berdasar latar belakang di atas, peneliti mengadakan penelitian pelaksana-an proses pembelajaran untuk mengungkap: (1) pelaksanaan KTSP (2) gambaran kompetensi pedagogik guru (3) konsepsi guru terhadap pelaksanaan KTSP untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pende-katan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalaui wawancara mendalam, ob-servasi, dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan model interaksi Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) KTSP di SMK Negeri 2 Jiwan Kabu-paten Madiun, dalam pelaksanaan melalui beberapa rangkaian yang membentuk siklus yaitu perencanaan KTSP yang dilakukan pada awal tahun pelajaran, pe-laksanaan/implementasi KTSP yang dilakukan para komponen sekolah, moni-toring yang dilakukan pengawasa dinas pendidikan dan evaluasi KTSP dilakukan diakhir tahun pelajaran untuk mengetahui permasalahan, kendala dan cara meng-atasinya (2) Gambaran kompetensi pedagogik guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun, dapat dilihat dari kemampuan perencanaan pembelajaran yakni pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, kemampuan proses pembelajaran interaksi antara peserta didik dengan pendidik, antar peserta didik dan antara peserta didik dengan aneka sumber belajar, kemampuan evaluasi pembelajaran teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus diku-asai oleh peserta didik.(3)Konsepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru SMK Negeri 2 Jiwan Kabupaten Madiun ditekankan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran serta evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:09
Last Modified: 16 Jun 2016 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32188

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo