UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI SMP NEGERI 2 GEGER KABUPATEN MADIUN

SUWITO, (2012) ANALISIS KEBIJAKAN PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI SMP NEGERI 2 GEGER KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--suwito0837-27973-1-pendahul-n.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--suwito0837-27973-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Pembimbing utama: Dr. Sri Hartiningsih, MM, Pembimbing pendamping: Drs. Ainur Rofieq, M.Kes. PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 1 ayat 1 bahwa Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan nasional dan Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Peni¬laian Pendidikan bagian pengertian butir 10 mengamanatkan agar satuan pendidikan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang merupakan kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti melakukan penelitian tentang KKM untuk mengungkap: (1) kebijakan penetapan KKM , (2) konsepsi para guru terhadap kebijakan penetapan KKM, (3) faktor yang mendukung dan menghambat kebijakan penetapan KKM, dan (4) strategi yang dilakukan oleh sekolah dalam me¬ngembangkan kebijakan penetapan KKM. Adapun penelitian ini peneliti mengguna¬kan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan (1) observasi, (2) wawancara dan (3) analisis dokumen. Sedangkan analisa data menggunakan model interaksi Miles dan Hubberman dan analisis SWOT. Hasil penelitian disimpulkan: (1) subtansi penetapan KKM belum sepenuhnya berpedoman pada Permendiknas No.20 tahun 2007 dan Pedoman Penetapan KKM, (2) Konsepsi guru terhadap kebijakan penetapan KKM secara prinsip sesuai dengan panduan penetapan KKM, namun masih ada beberapa guru belum melaksanakan analisis dalam penetapan KKM, prinsif pembelajaran tuntas (mastery learning) belum dilaksanakan dengan konsisten demikian juga program remedial dan pengayaan belum dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Nilai hadiah dengan prinsip welas asih masih melekat pada pribadi beberapa guru (3) Faktor Pendukung : Kualifikasi akademik guru D-IV atau S1 program studi sesuai mata pelajar- an yang diampu; sarana prasarana yang dimiliki sebagian besar sudah memenuhi standar minimal. Faktor penghambat : siswa belum memberi tanggapan yang positif dan dukungan orang tua belum maksimal; beberapa guru tidak melakukan analisis KKM sehingga KKM yang dicantumkan dalam LHB kelas VII, VIII dan IX selalu tetap; buku teks pelajaran 1 eksemplar/mata pelajaran/peserta didik belum terpenuhi dan sarana laboratorium IPA masih perlu penambahan peralatan praktik, (4) Strategi yang dilakukan dalam pengembangan penetapan KKM terdiri : a) Memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian; b) Meningkatkan motivasi siswa belajar siswa; c) Memaksimalkan peran serta orang tua; d) Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana proses pembelajaran dan penilaian; e) meningkatkan kompetensi SDM; f) Memaksimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang sudah dimiliki; g) Melaksanakan pengawasan melekat pada setiap guru.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:02
Last Modified: 16 Jun 2016 07:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32186

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo