UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI BALEREJO01 KABUPATEN MADIUN

SUPARMI, (2012) ANALISIS KEBIJAKAN RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI BALEREJO01 KABUPATEN MADIUN. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--suparmi083-28003-1-pendahul-n.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--suparmi083-28003-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Kebijakan Pemerintah melalui Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa system pendidikan nasional-mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global, sehingga perlu-dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinam-bungan. Kebijakan ini sangat penting, karena Pemerintah mampu menjamin pe-merataan dan peningkatan mutu pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai-dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Untuk itu penu-lis mengambil judul Tesis “Analisis Kebijakan Rintisan Sekolah Standar Nasionaldi Sekolah Dasar Negeri Balerejo 01 Kabupaten Madiun” dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan secara rinci tentang: (1) Dasar kebijakan dari Rintisan Sekolah Standar Nasional di SD Negeri Balerejo 01 Ka-bupaten Madiun; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan Rintisan Sekolah Standar Nasional di SD Negeri Balerejo 01 Kabupaten Madiun; (3) Strategi yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan Kebijakan Rin-tisan Sekolah Standar Nasional di SD Negeri Balerejo 01 Kabupaten Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan diskritif kualitatif, data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pen-gumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumen-tasi. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ialah: 1). Pelaksanaan kebijakan RSSN di SD Negeri Balerejo 01 telah mampu memberikan peningkatan pada berbagai aspek, baik akademik maupun non akademik. Di samping itu pada variabel intangible (misalnya motivasi) juga mengalami peningkatan yang cukup berarti baik untuk siswa, guru, dan kepala sekolah. Perubahan juga terlihat pada animo (pendaftar) siswa setelah status rintisan sekolah standar nasional ditetapkan. Hal ini terkait erat dengan respons masyarakat terhadap kehadiran sekolah standar nasional di wilayahnya. 2).Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kebijakan RSSN dapat ditanggulangi oleh pihak sekolah, ini dapat dibuktikan dengan adanya tindakan sekolah untuk tetap memfungsikan segalapendukung yang ada misalnya jumlah siswa yang banyak, jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang cukup, jumlah ruang kelas yang cukup dan sebagainya. Serta mencarikan jalan keluar yang terbaik untuk mengatasi hambatan yang ada, baik secara internal dan eksternal. 3). Dalam hal strategi untuk mengatasi kendala pelaksanaan kebijakan RSSN belum maksimal ini dapat terlihat pada kemitraan yang digalang bersama Komite Sekolah, karena Komite Sekolah baru berperan sebagai “ Advisory-Agency” yaitu sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Sehingga peran Komite Sekolah sebagai “ Supporting-Agency” pemberi dukungan, “Controlling-Agency” pengkontrol, “Mediating-Agency” perantara antara pemerintah dan masyarakat di tingkat satuan pendidikan belum bisa terwujud. Hubungan dengan DUDI belum muncul sama sekali.Sekolah belum mampu meningkatkan status sekolah yang lebih tinggi ke jenjang RSBI/ SBI, hal ini disebabkan belum mampunya sekolah untuk memenuhi delapan pelayanan minimal terutama standar sarana prasarana yang ditetapkan SNP.Rekomendasi penelitian ini meliputi: Karena telah ada kepercayaan dari masyarakat tentang keberadaan SD-RSSN, sekolah hendaknya selalu meningkatkan dan memberdayakan potensi yang ada di sekolah, sehingga kepercayaan yang diberikan kepada sekolah dapat berlanjut dan dapat dipertanggungjawabkan.Lebih meningkatkan hubungan mitra kerja dengan pihak terkait, orang tua/ wali murid, masyarakat, Komite Sekolah, DUDI, sehingga tercipta kesinergitasan yang baik. Tetap menerapkan konsep RSSN/ SSN untuk mengembangkan sekolah dengan mengacu kepada arah Standar Nasional Pendidikan.Keterlibatan dari Pemda (baik propinsi maupun Kabupaten/Kota) dalam membina dan memantau pelaksanaan program RSSN/ SSN, perlu ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang, sekaligus memberdayakan atau mengoptimalkan sumber daya yang ada di daerah.Bantuan dana untuk kelanjutan program RSSN, SSN, RSBI dan SBI lebih ditingkatkan,guna mengembangkan diri menuju layanan pendidikan yang baik, unggul dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:55
Last Modified: 16 Jun 2016 06:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32184

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo