UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI BEDALI 5 LAWANG KABUPATEN MALANG

ROCHMAH, LATIFATUR (2012) ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI BEDALI 5 LAWANG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--stzuhriyah-28010-1-pendahul-n.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--stzuhriyah-28010-2-babi.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : Dr. Dwi Priyo Utomo,M.Pd , Pembimbing : Drs. Rohmad Widodo , M.Si Dalam rangka mensukseskan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun dan perwujudan hak asasi manusia, pelayanan pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) perlu lebih ditingkatkan. Selama ini pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus diselenggarakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), sekolah – sekolah tersebut menampung anak berkebutuhan khusus dengan jenis kelainan yang sama seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, dan tunaganda. Kebijakan tersebut dianggap bertentangan dengan Undang-undang no 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengisyaratkan bahwa kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas berlaku untuk semua tanpa adanya diskriminasi.Untuk itu Kebijakan Pendidikan Inklusi digulirkan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk menganalisis kurikulum yang dipakai dalam pendidikan inklusi di SDN Bedali 5 Lawang kabupaten Malang, 2) untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan kurikulum pendidikan inklusi , 3) untuk menganalisis upaya yang ditempuh sekolah dalam mengatasi kendala pelaksanaan kurikulum pendidikan inklusi. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kurikulum yang dalam pendidikan inklusi di SDN Bedali 5 Lawang berpedoman pada kebijakan pemerintah yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dimodifikasi oleh sekolah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah inklusi. 2) Kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan kurikulum adalah belum maksimalnya dalam menyusun Program Pengajaran Individual (PPI), minimnya tenaga dan keahlian guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus, Kelompok Kerja Guru (KKG) khususnya pada guru pembimbing khusus belum maksimal, Pengelolaan kelas inklusi juga belum optimal, serta sarana dan prasarana masih belum lengkap dalam menunjang kegiatan pembelajaran di kelas inklusi. 3) Upaya yang ditempuh sekolah dalam menyelesaikan kendala yang ada adalah dengan mengaktifkan Kelompok Kerja Guru antar sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di wilayah kabupaten Malang untuk membuat silabus, modul pembelajaran, program pengajaran individual (PPI). Sekolah juga menjalin kerja sama dengan tim ahli dari SLB Pembina Malang , serta mengikut sertakan guru dalam pelatihan, seminar ataupun workshop tentang pendidikan inklusi guna meningkatkan pengetahuan guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan dari analisis kebijakan pendidikan inklusi di SD Negeri Bedali 5 Lawang Kabupaten Malang masih belum optimal dalam melaksanakan pendidikan inklusi dikarenakan Guru pembimbing khusus (GPK) belum maksimal dalam melaksanakan perannya sebagai pembimbing khusus pada Anak Berkebutuhan Khusus , Penyusunan Program Pengajaran Individual (PPI) juga masih belum maksimal, dan sarana prasarana untuk sekolah inklusi juga belum semuanya terpenuhi sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:26
Last Modified: 16 Jun 2016 06:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32178

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo