UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA JURUSAN TARBIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Fakih, Apriyal (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA JURUSAN TARBIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--apriyalfak-28043-1-pendahul-n.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--apriyalfak-28043-2-bab1.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi lulusan yang dicapai oleh Jurusan Tarbiyah FAI UMM“Guru agama yang menguasai teknologi informasi”.Untuk mewujudkannya ditempuh melalui inovasi kurikulum pada matakuliah perilaku berkarya (MPB) dengan mengembangkan matakuliah berbasis IT. Fenomena pada tingkat penguasaan materi matakuliah berbasis TI.Pertama, mahasiswa tahun akademik 2005/2006 (telah menyelesaikan Perencanaan Sistem Informasi Pendidikan) belum sepenuhnya menguasai kompetensi materi yang telah diajarkan, bahkan “lupa”. Kedua, Merujuk pada penilaian acuan patokan (PAP) menunjukan hasil pratikum ujian tengah semester, dari 29 (dua puluh sembilan) mahasiswa yang sedang menyelesaikan matakuliah Teknologi pembelajaran 2008/2009 hanya terdapat lima mahasiswa yang mampu meraih predikat skor “sangat baik/A”. Ketiga terdapat “implementasi kontradiktif”, bahwa dalam pelaksanaan program PPL (Praktek Pengalaman Lapangan)pada sekolah berbasis multimedia mahasiswa tidak menerapkan materi berbasis teknologi informasi yang telah diajarkan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis penguasaan teknologi informasi pada Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Teknik pencarian data menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai trianggulasi data. Wawancara dilakukan pada informan Dekan, Pembantu dekan satu, dosen, dan mahasiswa. Data dianalisis dengan analisis isi untuk mencari makna dari dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ditemukan bahwa a). Latarbelakang pelaksanaan pembelajaran berbasis penguasaan teknologi informasi pada Juruan Tarbiyah FAI UMM adalah pertama sebagai kompetensi pendukung untuk profesional di bidang Pendidikan Agama Islam, kedua, sebagai kebutuhan dalam proses pembelajaran, ketiga, sebagai kompetensi lulusan yang membedakan dengan Jurusan Tarbiyah lainnya,b). Perencanaan pembelajaran sepenuhnya diserahkan kepada para dosen, c). Pelaksanaan pembelajaran mengaktifkan semua mahasiswa dalam menyelesiankan tugas-tugas praktek yang diberikan, mendampingi mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan memanfaatkan software pembelajaran, d). Evaluasi dilakukan dengan mengukur keberhasilan skil teknologi informasi yang dikembangkan melalui produk pembelajaran berbasis audio-visual seperti pembuatan film, powerpoint dan flash. Selain itu juga dilakukan ujian pratikum dan tertulis dengan menggunakan software evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:18
Last Modified: 16 Jun 2016 06:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32176

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo