UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

SUMAJI, (2012) ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--sumaji0937-28045-1-pendahul-n.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--sumaji0937-28045-2-babi.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1): Drs. Estu Widodo, M.Hum, Pembimbing (1): Drs. Imam, M.KPd. Latar belakang dilaksanakannya program kelas unggulan di MTs Negeri Bandung adalah kualitas input peserta didik yang sangat beragam, ada yang ber-kemampuan kognitif tinggi, sedang dan rendah. Tujuan dilaksanakannya program kelas unggulan di MTs Negeri Bandung adalah untuk memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang mempunyai kemampuan kognitif diatas rata-rata dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri Bandung. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus kajian adalah kebijakan program kelas unggulan di MTs Negeri Bandung Kabupaten Tulungagung. Fokus pene-litian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan kebijakan program kelas ung-gulan di MTs Negeri Bandung Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah efektivitas pelaksanaan kebijakan program kelas unggulan di MTs Negeri Ban-dung Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menanalisis kebijakan program kelas unggulan di MTs Negeri bandung Tulungagung. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informan kepala sekolah dan responden wakil kepala sekolah, koordinator kelas unggulan dan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2010/2011. Teknis analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sedangkan analisis data dilakukan berdasarkan empat komponen yang saling berkaitan, yaitu: pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data dan pengujian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program kelas unggulan di MTs Negeri Bandung kabupaten Tulungagung dilakukan dengan cara pengelompokan atau grouping atau model C yaitu mengelompokkan siswa yang mempunyai kemampuan kognitif tinggi dalam satu kelas khusus, kemudian diberikan perlakuan atau treatment sesuai dengan kemampuannya, guru pengajar yang berkualifikasi S1 dan S2, ruang kelas yang lebih representatif dibanding kelas lain yaitu ruang kelas yang nyaman, ber-AC, menggunakan perangkat IT yang canggih: komputer terkoneksi dengan internet dan pemanfaatan LCD dalam pembelajaran, sistem pembelajaran bilingual untuk MIPA, penetapan KKM yang lebih tinggi dibanding kelas reguler. Sedangkan pelaksanaan program kelas unggulan di MTs Negeri Bandung disimpulkan sangat efektif dengan indikator pelaksanaan program pembelajaran di kelas unggulan sesuai dengan program kerja pelaksanaan kelas unggulan dan memberikan hasil yang memuaskan berupa prestasi dan hasil belajar siswa kelas unggulan lebih tinggi dibanding siswa reguler.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:07
Last Modified: 16 Jun 2016 06:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32174

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo