UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL AZHAAR BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

ASTUTININGTYAS, (2012) ANALISIS KEBIJAKAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL AZHAAR BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--astutining-28046-1-pendahul-n.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--astutining-28046-2-babi.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1): Drs. Estu Widodo, M.Hum, Pembimbing (2): Drs. Imam, M.KPd. Guru merupakan komponen yang sangat menentukan dalam mewujudkan keberhasilan proses pembelajaran dan peran guru sangatlah luas, antara lain guru sebagai pengajar dan pendidik. Oleh karena itu upaya peningkatan profesiona-lisme atau kinerja guru merupakan suatu keharusan, sehingga pembinaan dan bimbingan serta motivasi yang professional dari berbagai unsur terutama oleh kepala madrasah yang berkesinambungan mutlak dibutuhkan guru. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Azhaar Bandung Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Azhaar Bandung Kabupaten Tulungagung? (3) Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mendorong dan menghambat peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Azhaar Bandung Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam dengan informannya adalah kepala sekolah dan respondennya adalah guru pada MI Al Azhaar Bandung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret tahun 2011 pada tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kebijakan kepala MI Al Azhaar dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti kegiatan diklat, workshop maupun seminar, melakukan supervisi kelas sebagai bahan refleksi dan arahan dalam pembinaan dan menyediakan referensi tentang ilmu. (2) Kinerja guru di MI Al Azhaar sangat baik, hal ini ditandai dengan kesiapan guru dalam kegiatan pembelajaran berupa kelengkapan perangkat pembelajaran: prota, promes, silabus dan RPP, disiplin masuk kelas, melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran berupa penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disajikan, misal CTL, Jigsaw, STAD, NHT, Quantum Teaching, Quantum Learning, pelapo-ran kegiatan penilaian pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang optimal. (3) Faktor-faktor yang dapat mendukung peningkatan kinerja guru meliputi faktor internal: paguyuban orang tua peserta didik, dana blockground, tuntutan masyarakat terhadap mutu pendidikan, tuntutan eksistensi sekolah; faktor eksternal: ketersediaan dukungan dana dari wali peserta didik, kebijakan kepala sekolah, adanya buku referensi tentang kegiatan pembelajaran, promosi jabatan, kesempatan mengikuti berbagai seminar, pelatihan dan workshop. Sedangkan faktor yang menghambat peningkatan kinerja guru meliputi faktor internal: ketidak sesuaian mata pelajaran yang diajarkan dengan ijasah S1-nya dan faktor eksternal berupa kondisi keluarga, kondisi kesehatan dan cuaca.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 06:03
Last Modified: 16 Jun 2016 06:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32173

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo