UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HIKAM DI MANTENAN UDANAWU BLITAR

MUFIDAH, ANNY (2012) ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MAMBA’UL HIKAM DI MANTENAN UDANAWU BLITAR. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--annymufida-28194-1-pendahul-n.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--annymufida-28194-2-babi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Drs. Estu Widodo, M.Hum. (2) Drs. Imam, M.KPd. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang diperkenalkan di Jawa sekitar 500 tahun yang lalu. Sejak saat itu, lembaga pesantren tersebut telah mengalami banyak perubahan dan memainkan berbagai macam peran dalam masyarakat Indonesia. Pada zaman walisongo, pondok pesantren memainkan peran penting dalam penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Juga pada zaman penjajahan Belanda, hampir semua peperangan melawan pemerintah kolonial Belanda bersumber atau paling tidak dapat dukungan sepenuhnya dari pesantren (Hasbullah 1999: 149). Pondok, artinya tempat menumpang bertempat sementara. Pesantren, artinya tempat para santri. Santri artinya pelajar yang menuntut ilmu agama. Maka di Jawa hanya disebut “Pondok” saja. Di tempat lain disebut “Pesantren”. Pondok Pesantren, adalah lembaga pendidikan Islam dengan sistem asrama. Di dalamnya ada kiai yang bertindak sebagai guru dan sebagai sentral figur. Kemudian ada santri, asrama dan lokal belajar serta masjid sebagai sentral miliu. Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar adalah Pondok Pesantren Salafiyah yang termasuk lembaga pendidikan tertua di negeri ini. Maksud dan tujuan dari Pondok Pesantren Salafiyah ini tidak lain adalah untuk mencetak kader ulama yang tafaqquh fi al-ddien. Ulama yang telah dicetak oleh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar di bawah sang pendiri Al Maghfurlah K.H. Abdul Ghofur adalah K.H. Bahar Abdul Ghofur, Al Maghfurlah K.H. Mirzam Sulaiman Zuhdi Abdul Ghofur, Hadratus Syaikh K.H. Zubaidi Abdul Ghofur, Al Maghfurlah K. Abdullah Abdul Ghofur, K.H.M. Dliyauddin Azz (Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar sekarang), K.H. Aly Asyhadi, K.H. Yasin Dahlan, K. Hitam Suhaily, K.H. Kholid Ridlo, K. M. Yusuf Hadi. Model kurikulum yang di kembangkan oleh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam Mantenan Udanawu Blitar merupakan kenyataan logis bahwa penguasaan ilmu-ilmu agama berada pada kiai dan ustadz yang menguasai sumber pengetahuan (kitab-kitab klasik). Santri sebagai pembelajar merupakan pribadi yang sedang mendapatkan dan memperoleh pengetahuan dari sumber (kitab-kitab klasik) yang di bawa oleh kiai dan ustadz. Dengan demikian memperhatikan latar belakang dalam uraian di atas, maka penulis ingin meneliti yang berkaitan dengan “Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar”, dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar? 2) Tantangan apakah yang dihadapi dalam pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan tantangan yang dihadapi dalam Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar. Penelitian tentang “Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar”, ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologik, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan diskusi dengan teman sejawat, triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif yaitu konseptualisasi, kategorisasi, kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar”, menggunakan metode pegembangan secara klasik, karena Pondok Pesantren ini merupakan Pondok Pesantren Salafiyah, sehingga metode-metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajarnya mempertahankan metode sorogan, wetonan/bandongan, bahtsul masa’il, dan dipadu dengan berbagai pengalaman Pengasuh beserta seluruh akademisi pondok untuk mencetak kader masa depan yang handal secara teori dan praktek di kehidupan masyarakat nantinya. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar, maka peneliti memberikan rekomendasi sebagai berikut: 1) Kepada Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar, bahwa: a. Pengasuh agar tetap mempertahankan strategi kepemimpinan yang telah dikembangkannya sekarang ini, b. Peningkatan mutu pendidikan secara terus menerus supaya dilakukan sesuai dengan kebutuhan lembaga dan masyarakat atau orang tua/wali santri, dan dilaksanakan atas dasar kekeluargaan, kebersamaan, keteladanan. 2) Kepada Ustadz dan Karyawan. Ustadz dan seluruh civitas akademika Pondok Pesantren Mamba’ul Hikam di Mantenan Udanawu Blitar agar dapat berdisiplin dan melaksanakan etos keja yang tinggi agar kendala yang dialami akan segera menemukan jalan keluarnya.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 05:59
Last Modified: 16 Jun 2016 05:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32172

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo