UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMP JAWAHIRUL HIKMAH BESUKI TULUNGAGUNG

MUFAROKAH, ANISSATUL (2012) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMP JAWAHIRUL HIKMAH BESUKI TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--anissatulm-28196-1-pendahul-n.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--anissatulm-28196-2-babi.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Masduki. (2) Drs. Suwono, M.Pd Pendidikan pada dasanya adalah membantu individu dalam mengembangkan potensinya sehingga dapat mencapai kualitas diri dan aktualisasi diri sesuai esensi dan eksistensinya sebagai manusia. Yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan kecakapan hidup (life skill), merupakan muatan pendidikan yang memberikan kecakapan secara holistic dan terpadu sehingga individu eksis dan survive manghadapi masalah-masalah kehidupan masa kini hingga masa mendatang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mendiskripsikan tentang implementasi kebijakan Pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung, dengan focus dan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan program pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung, 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung, 3) Faktor apa yang mendukung dalam pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung, dan 4) Faktor apa saja yang menghambat dalam pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif jenis studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi dan trianngulasi. Sedang tehnik analisis datanya menggunakan model interaktif dari Milles dan Huberman, dengan alur reduksi data, display data, verivikasi dan conclusion data. Trianggulasi, ketekunan, dan keikutsertaan peneliti lakukan intuk menjaga keabsahan data. Temuan hasil penelitian ini, pertama perencanaan program kegiatan melalui tiga pendekatan, perekrutan pelaku organisasi yang terdiri dari KS, guru, Tutor, instruktur/pelatih, perekrutan peserta didik melalui seleksi secara umum dan khusus, perencanaan pembiayaan dengan dua prosedur dan perencanaan sarana prasarana. Kedua, Ada tiga macam pendekatan pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang dilaksanakan di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung. yaitu program kegiatan intra kurikulum, ekstra kurikuler, dan pogram-program yang bersifat insidentil. Ketiga, Ada beberapa faktor yang mendukung lancarnya implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung, baik internal maupun eksternal adalah; 1) letak geografis SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung yang alamiah, 2) pelaku organisasi (KS, guru, tutor, instruktur/pelatih, tenaga administrasi) yang berkualitas/kompeten, 3) program kegiatan yang sudah ada sebelum SMP berdiri, 4) peserta didik yang pilihan; 5) sumber pendanaan yang pasti, 6) sarana dan prasarana yang memadai; 7) pemerintah yang banyak memberikan dukungan dan kepercayaan; 8) stakeholders (orang tua dan masyarakat) yang antusias merespon atau memperhatikan terhadap penyelenggaraan pendidikan. Keempat, Faktor penghambat utama dalam implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung, baik internal maupun eksternal adalah; 1) Pelaku organisasi khususnya guru dan tutor. Guru adalah relawan dari luar dan bukan guru tetap, sedangkan tutor adalah alumni santri JH yang mayoritas belum memenuhi kualifikasi akademik; 2) Prosedur penggalian pendanaan yang membebani wali peserta didik; 3) sarana dan prasarana yang sebagian belum memenuhi kapasitas peserta didik; 4) pembinaan pemerintah yang kurang sesuai dengan harapan lembaga dan stakeholders. Adapun kesimpulannya, Pertama; ada kesiapan dan kesungguhan di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung di dalam pelaksanaan/implementasi kebijakan pendidikan kecakapan hidup (life skill). Kedua; di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung telah mampu menyelenggarakan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dengan efektif dan efisien melalui macam-macam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler baik wajib maupun pilihan. Ketiga; secara intern di SMP Jawahirul memiliki kekuatan di dalam melaksanakan pendidikan kecakapan hidup (life skill). Sedangkan secara eksternal partisipasi stakeholders (orang tua) memberikan peluang di dalam memperlancar implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill). Keempat; secara intern di SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung perlu meningkatkan pembinaan secara intensif bagi para guru dan tutor untuk peningkatan profesionalismenya. Sedangkan secara eksternal perlu mendayagunakan stakeholders (pemerintah) dalam meningkatkan pembinaan prestasi SMP Jawahirul Hikmah Besuki Tulungagung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 05:52
Last Modified: 16 Jun 2016 05:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32170

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo