UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM KELAS UNGGULAN DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG

Chusnah, Nur (2012) ANALISIS KEBIJAKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM KELAS UNGGULAN DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--nurchusnah-28197-1-pendahul-n.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--nurchusnah-28197-2-babi.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (I) Dr. Masduki, M.Pd, Pembumbing (II) Drs. Suwono, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model pengembangan kurikulum Kelas Unggulan di MTs Negeri Tulungagung?, (2) Bagaimana pengembangan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan Kelas Unggulan di MTs Negeri Tulungagung?, (3) Bagaimana ketersediaan sarana dan prasarana Kelas Unggulan di MTs Negeri Tulungagung? Penelitian ini bertujuan:(1) mendiskripsikan model pengembangan kurikulum ; (2) mendiskripsikan pengembangan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan ; (3) untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana Kelas Unggulan di MTs Negeri Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive dan sampling. Adapun teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan melalui proses analisis interactive model. Tahapan interactive model diantaranya: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan, bahwa (1) model pengembangan kurikulum Kelas Unggulan di MTs Negeri Tulungagung kebijakan pengembangannya mengacu kepada; 1) implementasi kebijakan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) berupa kurikulum induk dari kurikulum pendidikan nasional yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan menambah dua pulum jam pelajaran, dengan pertimbangan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi dan pencapaian target kelas unggulan; 2) kurikulum muatan lokal (institusional) dikembangkan mengacu kepada ketentuan muatan lokal (mulok) yang diharapkan linier dengan kompetensi tenaga pengajar, dengan tetap memperhatikan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, dengan tujuan pembekalan pada peserta didik dalam masing-masing kompetensi yang dimiliki; 3) pada kegiatan pengembangan diri berbasis intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pembiasaan diorientasikan untuk merefleksikan bakat, minat, dan memiliki jiwa keteladanan siswa, (2) Dalam pengembangan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan beberapa kebijakan yang diterapkan adalah pendidikan dan pelatihan (Diklat) dan pendidikan lanjutan yang lebih atas dalam upaya meningkatkan layanan pembelajaran secara optimal, dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi peserta didik dan mengembangkan karier guru pada jenjang yang lebih atas, (3) kebijakan pemenuhan sarana dan prasarana mengacu kepada ketentuan Peraturan Pemerinyah RI No. 19 Th. 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) pasal 42 dan Undang-Undang Sisdiknas pasal 50 ayat 3 tentang sekolah bertaraf internasional. Spirit dari ketentuan tersebut madrasah secara terus menerus melakukan pemenuhan fasilitas sesuai dengan kebutuhan madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 05:40
Last Modified: 16 Jun 2016 05:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32169

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo