UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN IMPLEMENTASI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SD ZUMROTUS SALAMAH TULUNGAGUNG

WIDODO, MOHAMAD IMAM (2012) ANALISIS KEBIJAKAN IMPLEMENTASI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SD ZUMROTUS SALAMAH TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadima-28448-1-pendahul-n.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadima-28448-2-babi.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kebijakan kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung?; 2) Bagaimana ketersediaan sarana dan prasarana di SD Zumrotus Salamah Tulungagung?; 3) Bagaimana relevansi/kesesuaian sumber daya manusia Sekolah Bertaraf Internasional dengan sumber daya manusia di SD Zumrotus Salamah Tulungagung?; dan 4) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi kebijakan kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung; 2) Ketersediaan sarana dan prasarana di SD Zumrotus Salamah Tulungagung; 3) Relevansi/kesesuaian sumber daya manusia Sekolah Bertaraf Internasional dengan sumber daya manusia di SD Zumrotus Salamah Tulungagung; dan 4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in depth interview), observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kebijakan kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mengintegrasikan kurikulum nasional dan kurikulum berstandar internasional dari CIE (Cambridge International Examination) Inggris. Dalam mengimplementasikan kurikulum integrasi tersebut SD Zumrotus Salamah bekerja sama dengan Unit Pengembang Sekolah Laboratorium (UPSL) Universitas Negeri Malang; 2) Ketersediaan sarana dan prasarana di SD Zumrotus Salamah Tulungagung secara umum masih belum sepenuhnya memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 dan belum sesuai dengan Buku Pedoman Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2007; 3) Relevansi/ kesesuaian sumber daya manusia di SD Zumrotus Salamah Tulungagung dengan secara umum belum relevan dengan sumber daya manusia Sekolah Bertaraf Internasional yang telah diatur pemerintah dalam Buku Pedoman Penjaminan Mutu Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2007; dan 4) Faktor-faktor pendukung implementasi Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung antara lain: (a) adanya kurikulum integrasi antara kurikulum nasional dan kurikulum internasional Cambridge yang sudah dimasukkan dalam KTSP SD Zumrotus Salamah; (b) adanya sarana dan prasarana dari LPI Zumrotus Salamah; (c) adanya kerja sama antara SD Zumrotus Salamah Tulungagung dengan UPSL Universitas Negeri Malang sehingga selalu mendapat bimbingan, pembinaan, dan evaluasi dalam pelaksanaan SBI di SD Zumrotus Salamah Tulungagung; (d) adanya kepercayaan dari masyarakat, terutama wali murid yang menyekolahkan anaknya di SD Zumrotus Salamah; (e) adanya ijin operasional sekolah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung; (f) adanya kesiapan dan kesungguhan semua guru dan semua peserta didik dalam melaksanakan Sekolah Bertaraf Internasional; dan (g) adanya guru-guru dan peserta didik yang sudah dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara aktif. Faktor-faktor penghambat implementasi Sekolah Bertaraf Internasional di SD Zumrotus Salamah Tulungagung antara lain: (a) SD Zumrotus Salamah sebagai sekolah yang belum lama berdiri dan berstatus SBI adalah hal yang baru sehingga pihak SD Zumrotus Salamah masih dalam proses mencari format yang tepat dan sesuai dengan karakteristik SBI; (b) Kurang sinkronnya antara kurikulum nasional dengan kurikulum internasional Cambridge; (c) Sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya terpenuhi termasuk media pembelajaran; (d) Input siswa yang bervariasi baik dari latar belakang keluarga maupun tingkat kemampuan, karena tidak ada seleksi masuk untuk peserta didik baru; (e) pemakaian bahasa Inggris pada kelas 1 semester 1; (f) kurangnya bahan-bahan pelajaran; (g) kebiasaan siswa berbahasa Inggris di dalam maupun di luar sekolah menyebabkan bahasa jawa menjadi terkikis; (h) kurangnya pelatihan-pelatihan pada guru; dan (i) kurang adanya perhatian dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung baik berupa pengelolaan dan pendanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Education Policy and Development (86104)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 16 Jun 2016 05:37
Last Modified: 16 Jun 2016 05:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32168

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo