UMM Institutional Repository

PROSEDUR PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG

Septaviana, Yunita (2011) PROSEDUR PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yunitasept-22151-BAB+I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yunitasept-22151-PENDAHUL-N.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini merupakan hasil penelitian pada bank Syariah Mandiri Cabang Malang dengan judul "Prosedur Pembiayaan Dana Talangan Haji Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang" tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pembiayaan dana talangan hai dari pengajuan hingga pelunasan pembiayaan dan untuk mengetahui kendala yang terjadi pada saat pembiayaan berlangsung dan upaya mengantisipasi kendala tersebut. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis diskriptif kualitatif yaitu analisa data yang menjelaskan dan menggambarkan sesuatu yang diperoleh dari teori ataupun data penelitian dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi pada prakteknya sehingga mudah dipahami untuk mengetahui prosedur pembiayaan dana talangan haji pengajuan hingga pelunasan dan kendala yang mungkin terjadi dalam pemberian pemberian pembiayaan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan ibadah haji, masyarakat tidak lagi kesulitan dalam kebutuhan biaya untuk berangkat haji. Kini Bank Syariah Malang Menawarkan suatu jasa layanan dalam membantu dan mempermudah masyarakat dalam menunaikan ibadah ahji yaitu pembiayaan dana talangan haji. Pembiayaan dana talangan haji yaitu pembiayaan yang diberikan kepada nasabah calon jamaah haji dalam rangka pelunasan Biaya Pelunasan Ibadah Haji dengan menggunakan qard wal ujroh. Dalam pembiayaan dana talangan haji pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang, masyarakat hanya perlu membuka tabungan mabrur, dan pada nominal tertentu nasabah dapat mendaftarkan diri ke SISKOHAT DEPAG melalui bank. Apabila nasabah ingin mendapatkan nomor porsi maka bank menyediakan pembiayaan dana talangan haji bagi nasabah untuk pelunasan BPIH ke DEPAG. Selanjutnya nasabah hanya menandatangani akad dan dokumen lainnya, membayar angsuran pelunasan BPIH dan menunggu kepastian haji dari DEPAG. Sedangkan hambatan atau kendala yang mungkin terjadi dalam proses pembiayaan tersebut dapat diantisipasi dengan baik. Adapun saran yang diberikan adalah dengan adanya pembiayaan dana talangan haji bank dapat memberikan prosedur yang sederhana sehinnga dengan itu akan mempermudah nasabah dalam menyerap dan menikmati fasilitas pembiayaan haji, menurunkan fee ujroh serta melakukan pengawasan pelunasan pembiayaan sebelum tanggal jatuh tempo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Diploma of Banking and Finance (61406)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:43
Last Modified: 16 Jun 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32153

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo