UMM Institutional Repository

STRATEGI PENGUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI MAKMUR ABADI DI KOTA BATU

Halim, Noor (2012) STRATEGI PENGUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK TANI MAKMUR ABADI DI KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--noorhalim0-28257-1-pendahul-n.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--noorhalim0-28257-2-bab1.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Dinamika kelompok meliputi unsur-unsur yang dapat menyebabkan suatu kelompok hidup; bergerak; aktif; dan efektif dalam mencapai tujuan.Tujuan Penelitian : 1).Untuk mengetahui keragaan dinamika kelompok tani Makmur Abadi yang didasarkan atas : (a) unit usaha kelompok dalam tiga tahun terakhir; (b) peran pengurus;(c) peran Penyuluh; (d) peran lembaga lain.2).Untuk memberikan alternatif strategi yang sesuai, untuk penguatan kelembagaan pada kelompok tani Makmur Abadi. Subjek penelitian adalah anggota kelompok tani Makmur Abadi. Obyek penelitian yaitu aspek kelembagaan kelompok tani Makmur Abadi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonproporsionate stratified Random sampling. Metode penelitian menggunakan metode survey deskriptif digunakan untuk mengetahui keragaan dinamika kelompok tani, analisis SWOT digunakan untuk merumuskan strategi penguatan kelembagaan kelompok tani Makmur Abadi di Kota Batu. Keragaan dinamika kelembagaan kelompok tani Makmur Abadi secara umum kurang dinamis yaitu dalam hal : kemampuan kelompok dalam kerjasama; penanganan Teknologi Hasil Pertanian; belum melakukan monitoring & evaluasi secara berkala. Sementara dalam hal perkembangan usahatani; efektivitas pembinaan; pemanfaatan modal;perencanaan kerja dan adopsi teknologi berkembang secara dinamis. Perkembangan unit usaha selalu meningkat setiap tahun, dilihat dari sisi kekayaan bersihnya. Peran pengurus dalam pembinaan anggota berdampak positif terhadap penguatan kelembagaan kelompok tani. Fungsi Penyuluh kurang optimal di kelompok tani. Peran lembaga lain yaitu : lembaga keuangan berkembang sangat baik; lembaga pemasaran berjalan lancar; lembaga pemerintah memberikan kebijakan yang tepat terhadap kebutuhan kelompok tani dan lembaga penunjang saling memberikan kontribusi yang positif terhadap lembaga. Berdasarkan analisis SWOT penguatan kelembagaan Kelompok Tani Makmur Abadi berada padakuadran I Ruang A, artinyaRapid Growth Strategy yaitu starategi pertumbuhan cepat atau mendukung kebijakan yang agresiv. Karena strateginya adalah mengembangkan potensi yang ada untuk menangkap peluang, maka digunakan strategi SO yaitu modal yang ada di kelompok tani digunakan untuk menangkap peluang pasar yang menjanjikan; mengembangkan modal yang ada dikelompok tani dengan mendapatkan tambahan kredit dari bank Mandiri; mempertahankan apel di Kota Batu dengan syarat peluang pasar menjanjikan; dan mempertahankan apel dengan syarat mudah mendapatkan kredit dari bank.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Agribusiness (54101)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:35
Last Modified: 16 Jun 2016 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32147

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo