UMM Institutional Repository

PROSEDUR PENYALURAN DAN PENGAWASAN KREDIT USAHA RAKYAT PADA PT. BANK JATIM CABANG MALANG

DHEWI, HERVIANA VITA (2012) PROSEDUR PENYALURAN DAN PENGAWASAN KREDIT USAHA RAKYAT PADA PT. BANK JATIM CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--hervianavi-27310-2-babi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--hervianavi-27310-1-pendahul-n.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian tugas akhir adalah prosedur penyaluran dan pengawasan kredit usaha rakyat pada PT Bank Jatim Cabang Malang. Dengan membatasi pembahasan hanya pada kredit usaha rakyat. Permasalahan dalam obyek penelitian ini adalah bagaimana prosedur permohonan pengajuan kredit dan pengawasan serta pelunasan kredit dan seberapa besar target kredit dan realisasi pencairan kredit usaha rakyat pada bank jatim salam 7 bulan terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengajuan sampai pencairan kredit, prosedur pengawasan kredit dan seberapa besar target dan realisasi kredit usaha rakyat di PT. Bank Jatim. Jenis data yang digunakan adalaha data kualitatif berupa pemaparan dan gambaran jenis objek yang diteliti yang sifatnya menjelaskan tanpa menganalisa data serta pengumpulan data yang diperoleh secara langsung dengan survei ke lapangan dan mencatat data-data atau dokumen-dokumen yang ada pada PT. Bank Jatim cabang Malang. Dari data yang sudah diteliti, peneliti melakukan analisis data kualitatif dapat disimpulkan bahwa proses permohonan pengajuan sampai pencairan kredit terdiri dari : permohonan kredit oleh nasabah, penelitian berkas-berkas oleh AO, analisis kredit, keputusan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip perkreditan dan jika disetujui akan dilakukan pengikatan jaminan dan pencairan. Pada tahap pengawasan AO beperan dalam mengawasi nasabah dan meminta informasi kepada BI, Pihak ketiga (developer, suplier) tentang kegiatan nasabah. Untuk pelunasan kredit nasabah datang ke bagian kredit dan kemudian membayar pelunasan kredit ke teller dan membawa surat berita acara tanda terima jaminan untuk mengambil jaminan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , menunjukkan bahwa target dan realisasi kredit usaha pada pertengahan tahun 2010 mulai bulan juni sampai dengan desember mengalami kenaikan dan penurunan setiap bulannya, hal ini dikarenakan program KUR di bank jatim tergolong baru dilaksanakan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa untuk meningkatkan target dan realisasi kredit usaha rakyat untuk tahun berikutnya adalah melakukan promosi kepada nasabah tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki program KUR dan lebih meningkatkan pelayanan agar nasabah menjadi tertarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Diploma of Banking and Finance (61406)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:25
Last Modified: 16 Jun 2016 03:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32142

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo