UMM Institutional Repository

SPIRITUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM DI MALANG

FADLOLI, (2012) SPIRITUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM DI MALANG. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--fadloli081-28266-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--fadloli081-28266-1-pendahul-n.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum dalam sorotan, karena terkesan formalis rasionalistik dan kehilangan spiritualitas. Para dosen agama Islam pada perguruan tinggi umum di Malang menggunakan pendekatan spiritualitas dalam pendidikan agama Islam serta mengembangkan keberagamaan untuk mendukung spiritualitas pendidikan agama Islam, namun masih belum ada gambaran utuh tentang pendekatan tersebut. Untuk itu, perlu dideskripsikan pendekatan spiritualitas pendidikan agama Islam serta jenis keberagamaan yang dilaksanakan oleh dosen agama Islam pada perguruan tinggi umum di Malang. Penilitan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dosen agama Islam pada Politeknik Negeri Malang dan Universitas Brawijaya sebagai sumber informasi ( human resource), ditopang dengan fenomena resource, berupa berbagai kegiatan keagamaan Islam dan document resources, berupa buku-buku dan dokumen kebijakan pendidikan agama Islam pada perguruan tnggi umum di Malang. Untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat, digunakan metode pengamatan berperanserta, interview dan dokumentasi. Akhirnya dideskripsikan tentang pendekatan spiritualitas pendidikan agama Islam dan jenis keberagamaan yang dilaksanakan oleh dosen agama Islam. Untuk memperkuat analisis penelitian ini, digunakan konstruksi pemikiran dari para ahli pendidikan dan teman-teman sejawat. Proses spiritualitas pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum di Malang, bergerak dari etika kenabian menuju etika kemanusiaan . Dosen agama Islam sebagai penjaga moralitas kampus, memiliki kebebasan dalam menggunakan pendekatan spiritualitas pendidikan agama Islam, karena siruasi yang dihadapi berbeda-beda. Pendekatan spiritualitas pendidikan agama Islam yang digunakan oleh dosen agama Islam pada perguruan tinggi umum di Malang meliputi: Pendekatan struktural, yang memberi landasan proses spiritualitas pendidikan agama Islam; Pendekatan formal, memberi kekuatan untuk melaksanakan nilai Islam; Pendekatan informal, mengembangkan komunikasi dari hati ke hati; Pendekatan kultural, sufistika ldan Immersion, berusaha mentransformasikan budaya Islami dan kekuatan bathin pada peserta didik dalam pendidikan agama Islam; sedangkan pendekatan mekanis-organism adalah upaya mengintegrasikan Islam sebagai sumber nilai dan mengaktualkan Islam sebagai norma sosial. Pendekatan tersebut didukung dengan jenis keberagamaan, melalui pengajaran agama Islam yang berorientasi pada taskiyah an-nafs dan tazkiyah al-madanyah sehingga membentuk etik profesional; kegiatan yang lain adalah tutorial agama Islam, mentoring serta musabaqah tilawatil Quran.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:24
Last Modified: 16 Jun 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32141

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo