UMM Institutional Repository

REKONSTRUKSI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HIZBUT TAHRIR (dariSekuler-Materialistik ke Islam)

YUSUF, MUHAMMAD (2012) REKONSTRUKSI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HIZBUT TAHRIR (dariSekuler-Materialistik ke Islam). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadyu-28264-1-pendahul-n.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--muhammadyu-28264-2-babi.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Studi ini di latar belakangi oleh paradigma pendidikan yang meterialistik serta sisi kehidupan yang sekuler, ini merupakan problema cabang yang muncul dari diterapkannya sistem kehidupan sekuleristik. Kehidupan sekuleristik yang terbukti telah gagal menghantarkan manusia menjadi sosok pribadi yang utuh, yakni seorang Ambidus Shalih yangmuslih. Kegagalan membentuk manusia sesuai dengan visi dan misi penciptanya merupakan indikator utama kelemahan paradigmatik dari sistem pendidikan yang ada, hal ini berpangkal pada dua hal utama, yakni: Pertama, paradigma pendidikan yang salah. Sehingga tidak dapat dihindari jika tujuan pendidikannya pun adalah juga buah dari paham sekuleristik tadi, yakni sekedar membentuk manusia-manusia yang berpaham materialistik dan serba individualistik, Kedua, kelemahan fungsional pada tiga unsur pelaksana pendidikan, yaitu: (1) kelemahan pada lembaga pendidikan yang tercermin dari kacaunya kurikulum, serta tidak berfungsinya guru dan lingkungan sekolah sesuai dengan kehendak Islam, (2) faktor keluarga yang tidak mendukung, dan (3) faktor masyarakat yang tidak kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Library Research), peneliti akan berusaha mengungkap datadata yang terdapat dalam pelbagai literatur yang ditabanni (diadopsi) oleh Hizbut Tahrir untuk dijadikan rujukan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini secara paradigmatik, pendidikan harus dikembalikan pada asas Islam dari sekuleristik-materialistik ke Islam, akidah Islam menjadi dasar penentuan arah dan tujuan pendidikan. Penyusunan kurikulum dan standar nilai.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:20
Last Modified: 16 Jun 2016 03:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32137

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo