UMM Institutional Repository

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH (Kajian Filsafat Pendidikan Islam dalam Aspek Epistemologi)

PANDIKLIS, (2012) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH (Kajian Filsafat Pendidikan Islam dalam Aspek Epistemologi). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--pandiklis0-27849-1-pendahul-n.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--pandiklis0-27849-2-babi.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Reformasi epistemologi Islam dalam dunia pendidikan sangat penting dilakukan demi menghasilkan pendidikan bermutu yang mencerdaskan, terlebih dalam krisis kekinian yang menyangkut pengetahuan dan pendidikan umat saat ini. Krisis yang terjadi dalam dunia pengetahuan dan pendidikan umat saat ini didasari rendahnya motivasi belajar umat serta kurangnya rasa cinta dan penghargaan terhadap ilmu pengetahuan, terutama dalam bingkai ketauhidan. Dalam epistemologi sekuler hanya didasarkan pada kekuatan akal (rasional) dan empiris semata, sedangkan dalam epistemologi pendidikan Islam pengetahuan tak hanya didasari oleh dua faktor tersebut, tetapi juga bersumber pada wahyu yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah. Wahyu itu justru menjadi kualitas tertinggi dari ilmu pengetahuan dasar. Wahyu melindungi akal dari kesalahan dan menyediakan informasi tentang suatu hal yang tidak kasat mata mengingat akal tidak bisa memahami secara penuh dunia yang empiris tanpa bantuan, sekaligus wahyu berperan sebagai pemimpin bagi akal. Penelitian ini adalah penelitian pustaka atau literer dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan Historis-Filosofis. Pendekatan Historis digunakan untuk mengetahui latar belakang munculnya pemikiran Muhammad Abduh dalam bidang pendidikan Islam. Sedangkan pendekatan Filosofis digunakan untuk menganalisis sejauh mungkin pemikiran yang diungkapkan Muhammad Abduh sampai kepada landasan yang mendasari pemikiran pendidikan Islam dalam aspek epistemologi. Dari penelitian ini diketahui bahwa, dualisme dalam pendidikan merupakan situasi yang melahirkan pemikiran Muhammad Abduh dalam bidang pemikiran formal dan non formal. Dalam bidang pendidikan formal tujuannya yang esensi adalah menghapuskan dualisme pendidikan yang tampak dengan adanya kedua institusi yang berbeda tujuan, untuk itu ia bertolak dari tujuan pendidikan yang dirumuskan sebagai berikut: “Tujuan pendidikan adalah mendidik akal dan jiwa dan menyampaikannya kepada batas-batas kemungkinan seseorang mencapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat”. Disamping pendidikan akal ia juga mementingkan pendidikan spiritual agar lahir generasi yang mampu berpikir dan punya akhlak yang mulia dan jiwa yang bersih. Tujuan pendidikan tersebut telah ia wujudkan dalam seperangkat kurikulum sejak dari tingkat dasar sampai ketingkat atas. Dari beberapa kurikulum yang dicetuskan Muhamad Abduh, ia menghendaki bahwa dengan kurikulum tersebut diharapkan akan melahirkan beberapa kelompok masyarakat seperti kelompok awam dan kelompok masyarakat golongan pejabat pemerintah dan militer serta kelompok masyarakat golongan pendidik. Dengan kurikulum yang demikian Muhamad Abduh mencoba menghilangkan jarak dualisme dalam pendidikan. Dalam bidang metode pengajaran ia pun membawa cara baru dalam dunia pendidikan saat itu. Ia mengkritik dengan tajam penerapan metode hafalan tanpa pengertian yang umumnya dipraktekkan disekolah-sekolah saat itu, terutama sekolah agama.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Postgraduate > Master of Islam Religion Education (86131)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 16 Jun 2016 03:17
Last Modified: 16 Jun 2016 03:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32135

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo