UMM Institutional Repository

PROSEDUR PENGAJUAN GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG MALANG

ANANDA, MERIY (2011) PROSEDUR PENGAJUAN GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-meriyanand-22751-bab+1.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-meriyanand-22751-PENDAHUL-N.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan perekonomian Indonesia yang semakin meningkat dianggap sebagai keperluan bersifat mendesak, maka pemerintah memberikan jasa di bidang perkreditan yang didasarkan jaminan bagi orang yang meminjam dari jasa pegadaian. Gadai merupakan perjanjian pemindahan hak milik kepada orang lain setelah adanya peminjaman sejumlah uang dengan memberikan jaminan barang maupun barang bergerak. Gadai bukan perjanjian pemilikan atas suatu benda dan bukan pula perjanjian atas manfaat suatu benda (seperti sewa menyewa), melainkan hanya sekedar jaminan untuk suatu utang piutang. Pemberian bantuan dana dengan sistem gadai yang telah diterapkan pegadaian, memberi inisiatif kepada bank syariah untuk memberikan dana dengan cara gadai dan emas sebagai jaminannya dengan menggunakan sistem syariah. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur gadai emas yang diterapkan oleh bank syariah serta kelebihan dan kekurangannya. Gadai emas pada bank syariah berbeda dengan pegadaian milik pemerintah yang dapat menerima jaminan gadai berupa barang maupun benda bergerak yang masih memiliki nilai jual dengan bunga yang bersifat akumulatif. Sedangkan pada bank syariah yang penulis teliti hanya menerima jaminan berupa emas, biaya yang dikenakan tidak berupa bunga melainkan berupa biaya penaksiran, biaya pemeliharan dan biaya penitipan. Biaya yang dikena oleh bank syariah ringan dan dibayarkan diawal akad, bila tidak dapat melunasi dapat digadai ulang dan hanya membayar biaya pemeliharaan. Menggadai dengan sistem syariah sangat menenteramkan karena menggunakan prinsip syariah yang menjauhkan riba. Selain itu, masyarakat yang malu untuk menggadai pada pegadaian sekarang tidak perlu malu lagi, karena lokasi mengadai didalam bank syariah itu sendiri dan orang lain akan berpikir setiap orang yang kebank akan menabung atau melakukan transaksi lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Diploma of Banking and Finance (61406)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:55
Last Modified: 16 Jun 2016 02:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32116

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo